Image

Soal Beras Impor, Mentan: Tanya ke Mendag!

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018, 18:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 12 320 1844259 soal-beras-impor-mentan-tanya-ke-mendag-8USHUaalXt.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengundang Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dan Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita untuk melakukan rapat koordinasi (rakor). Rakor kali ini melakukan pembahasan mengenai komoditas pangan di Indonesia.

Mentan Amran yang tidak mengikuti rapat sampai selesai karena sakit enggan menjelaskan lebih detail mengenai isi rapat. Dirinya mengatakan untuk menunggu Mendag Enggar dan Menko Darmin setelah selesai rapat.

Baca Juga: Mendag: Pedagang Beras Cipinang Bilang Kekurangan Pasokan

"Tunggu mereka rapat, yang jelas kita masih lakukan perbaikan untuk republik ini," ungkapnya di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Sementara itu saat ditanyakan mengenai impor beras yang akan dilakukan pemerintah di akhir Januari ini, Mentan Amran juga tidak mau menjelaskan dan melimpahkan kepada Mendag Enggar.

"Entar tanya ke sana (Mendag)," jelasnya.

Baca Juga: Harga Beras Mahal, Mendag Segera Gelar Operasi Pasar di 2.500 Titik

Mentan Amran justru mengklaim pada 2016 hingga 2017, Indonesia tidak melakukan impor beras karena stok yang berlimpah. Bahkan ia menyebut tahun ini adalah tahun ke empat Indonesia tidak melakukan impor beras.

"Namanya swasembada, itu tiga tahun, ini sudah masuk tahun ke-empat (tidak impor beras)," jelasnya.

Baca Juga: Ketua Komite II DPD Minta Izin Impor Beras 500.000 Ton Ditinjau Kembali

Sementara itu, dia mengatakan penyerapan beras yang dilakukan Bulog ke Kementan masih kurang baik dan masih rendah. "Kalau itu sangat kurang karena 58% saja," kata Mentan.

Menurutnya, penyerapan yang dilakukan Bulog ini masih jauh dari harapan Kementan sehingga dia mengharapkan Bulog bisa menyerap lebih baik lagi untuk tahun ini.

"Kita harapkan minimal 80%-90%. Mudah-mudahan lebih baik," tukasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini