Image

Kalimantan Utara Pesan 4 Pesawat PT DI

Koran SINDO, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018, 10:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 13 320 1844438 kalimantan-utara-pesan-4-pesawat-pt-di-yzGUAfjsqb.jpg (Foto: Ant)

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara berencana membeli tiga unit pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia (PT DI) N219 Nurtanio.

Pesawat ini nantinya sebagai moda transportasi yang cukup memadai mengingat wilayahnya 70% merupakan kawasan hutan. Gubernur Kalimantan Utara N Irianto Lambrie dan Wakilnya Udin Hianggio serta beberapa anggota DPRD kemarin mengunjungi PTDI di Bandung untuk melihat secara langsung purwarupa pesawat yang saat ini masih dalam uji terbang.

Irianto mengatakan, keberadaan pesawat N219 Nurtanio untuk mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Kalimantan Utara. “Niatnya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di perbatasan dan pedalaman. Selain itu, pesawat ini rencananya untuk pelayanan kesehatan,” kata Irianto Lambrie.

Baca Juga: Pesawat N219 Telah Hidupkan Kembali Lapan yang Tertidur 40 Tahun


Rencana awal pihaknya akan membeli satu unit N219 Nurtanio. Bila memungkinkan, akan membeliduasampaitigaunitlagi di kemudian hari. Bila rencana ini jadi, Pemprov Kalimantan Utara adalahpemerintahdaerahpertama yang akan membeli pesawat N219 Nurtanio buatan PTDI.

“Kami ingin menjadikan pesawat N219 Nurtanio ini sebagai ambulans terbang, sekaligus karena ini pesawatnya bisa multifungsi, untuk penyaluran logistik dan pengangkut orang atau penumpang ke daerahdaerah terisolasi di kawasan perbatasan Kalimantan Utara,” kata Irianto Lambrie.

Baca Juga: Di Hari Pahlawan, Jokowi Beri Nama Pesawat N219


Pesawat itu nantinya akan dijadikan pesawat semikomersial yang akan dikelola oleh BUMD. Direktur Utama PT DI Elfien Soebroto menyambut baik keseriusanPemerintahProvinsiKalimantan Utara dalam mendorong kesinambungan dan dukungan program N219 Nurtanio.

Langkah ini memberi harapan menjadi pintu masuk ke pasar komersial dan dapat digunakan oleh pemerintah daerah. Pesawat N219 Nurtanio merupakan pesawat dengan kapasitas 19 penumpang dengan dua mesin turboprop yang mengacu pada regulasi CASR Part 23.

arif budianto

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini