nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kementerian ESDM Siap Lelang 43 WK pada Tahun Ini

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 18 Januari 2018 20:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 18 320 1847100 kementerian-esdm-siap-lelang-43-wk-pada-tahun-ini-j4S6mrRhnY.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan segera melelang 43 Wilayah Kerja (WK) pada tahun 2018 ini. Adapun keempat puluh tiga ekor tersebut terdiri dari 40 WK konvensional serta tiga WK non-konvensional.

Pelaksana Tugas (PLT) Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Migas) Kementerian ESDM Ego Syahrial mengatakan keempat puluh tiga WK yang akan dilelang tersebut nantinya akan menggunakan skema gross split (kontrak bagi hasil). Hal ini dikarenakan banyak perusahaan yang lebih menyukai dengan skema gross split.

"Alasan skema gross split dipilih karena biaya operasi menjadi biaya kontraktor, kontraktor secara alami akan melakukan penghematan, penerimaan migas negara lebih pasti karena tidak terpengaruh cost recovery, serta birokrasi lebih efisien dan sederhana lantaran tidak ada proses persetujuan cost recovery oleh pemerintah," ujarnya di Ruang Rapat Komisi VII DPR-RI, Jakarta, Kamis (18/1/2018) .

Lebih lanjut Ego mengatakan, keempat puluh blok migas konvensional yang akan dilelang terdiri dari 25 WK yang tidak laku dalam lelang di tahun 2015 serta 2016. Dan 15 sisanya merupakan blog terminasi.

"40 WK terdiri atas penyiapan untuk 2018 atau ex lelang 2015 dan 2016 yang belum sempat diminati," jelasnya.

Adapun ke-25 WK yang tak laku dilelang pada tahun 2015-2016 yakni Rupat Labuhan, South CPP, Nibung, Batu Gajah Dua, Bukit Barat, South Tuna, Tongkol, Banyumas, Ampuh, East Sepanjang-Kangean, Kasongan Sampit. Kemudian ada Southwest Bengara, Suremana I, Manakarra Mamuju, South East Mandar, Karaeng, Ebuny, East Tanimbar, West Berau, Onin, Kasuri II, Kasuri III, West Kaimana, North Arguni, dan Mamberamo.

Sementara 15 lainnya wk terminasi terdiri daei Air Komering, East Sokang, East Muriah, North Kangan, Palangkaraya, West Sangata, Belayan, Southeast Mahakam. Kemudian ada juga, South Sageri, Halmahera Kofiau, Southwest Bird's Head, Semai IV, West Papua III, Cendrawasih Bay II, dan Cendrawasih Bay III.

Sedangkan calon 3 blok nonkonvensional yang akan dilelang adalah MNK Sumut Tenggara, MNK Jembar Rimba dan GMB Sumbagsel.

"Kita lagi siapin semua segala macam. Mungkin awal Maret 2018," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini