nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Sampai Orangtua Bayar Cicilan Anda, Ini Alasannya

Keduari Rahmatana Kholiqa, Jurnalis · Senin 19 Februari 2018 19:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 16 320 1860566 jangan-sampai-orangtua-bayar-cicilan-anda-ini-alasannya-aWuoJY9eac.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Ada banyak faktor yang menyebabkan Anda kadang tidak bisa bayar cicilan, salah satunya tidak punya uang. Walaupun dari awal sudah tahu kalau cicilan yang diambil terlalu besar.

Jika sudah tidak bisa membayar cicilan, biasanya meminta orangtua untuk melunasinya. Hal ini biasanya lebih kepada anak remaja yang apa-apa tidak berpikir untuk ke depannya.

Terkadang, cicilan yang diambil tidak sesuai dengan kebutuhan melainkan hanya sekadar keinginan. Mestinya, hal itu perlu diubah agar tidak terus-terusan mengikuti tren yang terlalu berlebihan.

 Baca juga: Hindari Perintilan Bikin Boros, Mulai Menabung!

Ketika sudah mengambil cicilan, lalu tidak bisa membayar, tentunya pilihan lain yaitu berpikir menggunakan uang orangtua untuk membayar cicilan.

Menurut Perencana Keuangan Andy Nugroho yang mengatakan bahwa menggunakan uang orangtua untuk membayar cicilan itu merupakan sikap yang kurang bijak.

"Kalau bayar cicilan pakai uang orangtua itu kurang bijak. Itu tandanya mereka tidak bertanggungjawab atas buat bayar cicilan tersebut," katanya kepada Okezone.

 Baca juga: Jangan Asal Investasi, Cari Tahu Dulu Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin!

"Lebih baik jangan ambil cicilan yang teralu berat jika berakhir menjadi beban lalu pusing untuk membayarnya," tambah dia.

Menggunakan uang orangtua untuk membayar cicilan memang bukan pilihan yang tepat karena itu bisa menumbuhkan sikap tidak mandiri dan disiplin hingga dewasa nanti.

 Baca juga: Resolusi Keuangan 2018 bagi si Pemboros, Ingatlah "Dosa Keuangan"

Ada baiknya, sebelum menyicil sesuatu lebih baik berpikir untuk menyesuaikannya dengan keuangan jika cicilan itu akan menjadi beban dan malah menyusahkan orang lain.

(dni)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini