nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9 Pekerjaan yang Terancam Pesatnya Perkembangan Teknologi

Agregasi Minggu 18 Februari 2018 05:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 17 320 1860919 9-pekerjaan-yang-terancam-pesatnya-perkembangan-teknologi-bpo1faOdBu.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Tidak dapat dimungkiri, teknologi memiliki andil yang besar dalam hidup manusia. Tanpa teknologi, manusia akan stuck di satu titik saja. Pekerjaan pun semakin sulit diselesaikan karena tidak ada media informasi untuk menolong kita dalam menyelesaikannya.

Apa pun katanya, teknologi akan terus berkembang. Namun, perkembangan teknologi juga memiliki dampak negatif untuk manusia. Sebab teknologi telah berhasil menggeser posisi manusia di dunia kerja. Berikut 10 pekerjaan yang perlahan-lahan akan hilang karena teknologi.

1. Kasir

Bekerja sebagai seorang kasir mungkin sangat populer 15-20 tahun yang lalu. Banyak outlet atau toko yang membutuhkan jasa seorang kasir untuk mengelola penjualan di toko. Seiring berjalannya waktu, lowongan kerja sebagai kasir mulai berkurang.

Hal ini disebabkan karena perubahan pola hidup masyarakat yang dulunya berbelanja di toko kini beralih ke belanja online. Belum lagi munculnya isu mengenai hadirnya mesin kasir otomatis. Di mana pembeli dapat melakukan pembayaran sendiri tanpa bantuan seorang kasir.

2. Petugas Loket Tol

Beberapa jalan tol zaman sekarang sudah sangat canggih. Jika dulunya ada karyawan yang ditugaskan untuk menagih uang tol, beberapa jalan tol sekarang sudah menggunakan teknologi mesin. Cukup dengan menempelkan uang elektronik, Anda selaku pengguna jalan tol dapat mengakses jalan tol dengan leluasa.

3. Resepsionis

Resepsionis berkerja sebagai penerima telepon dan pencatat tamu yang hadir di suatu tempat. Tampaknya, posisi ini tidak terlalu dibutuhkan lagi akibat hadirnya mesin telepon virtual yang dapat menjawab panggilan penelepon secara otomatis. Teknologi telepon virtual ini sudah banyak diterapkan di negara maju, seperti Jepang.

4. Teller Bank

Teller bank bekerja untuk menerima setoran dan pembayaran tunai dari seorang nasabah. Namun, pekerjaan ini tampaknya akan hilang beberapa tahun kemudian karena hadirnya mesin virtual ATM yang fungsinya sama dengan teller bank tersebut. Menurut penelitian, 85% pekerjaan yang biasanya dilakukan teller bank kini sudah bisa dilakukan melalui mesin ATM.

5. Agen Perjalanan

Meskipun profesi sebagai agen perjalanan kian booming, popularitas profesi ini dipercaya akan hilang beberapa dekade berikutnya. Sebab masyarakat masa kini sudah bisa memesan tiket secara online. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu mengunjungi jasa agen perjalanan lagi setiap kali ingin memesan tiket.

6. Pengantar Surat

Profesi sebagai pengantar surat mungkin sangat dibutuhkan 20 tahun yang lalu. Namun, profesi ini kian surut karena proses pengiriman surat sudah bisa dilakukan melalui media digital, contohnya email. Malahan berkirim surat melalui email semakin digemari karena proses penyampaian informasinya lebih cepat, tidak perlu menunggu hingga berhari-hari.

7. Pencetak Foto

Beberapa tahun lalu, bisnis percetakan foto sangat menjanjikan mengingat meningkatnya permintaan masyarakat atas jasa pencucian foto. Seiring berjalannya waktu, permintaan percetakan foto kian berkurang karena masyarakat sudah mampu mencetak fotonya sendiri di rumah. Belum ditambah kehadiran kamera instamini sebagai mesin pencetak foto otomatis.

8. Penjual Kaset

Menonton film menjadi aktivitas yang paling menyenangkan untuk mengisi waktu liburan. Kalau dulu Anda sering menemukan penjual kaset atau CD di tengah jalan, sekarang tidak lagi. Profesi penjual kaset sudah punah karena masyarakat kian sudah bisa mengakses film yang disukainya secara gratis melalui internet.

9. Pekerja Sensus

Jika dulu pendataan masyarakat di suatu wilayah dilakukan secara langsung atau terjun ke lapangan, kini tidak lagi. Sekarang sudah banyak perusahaan yang memilih menggunakan software perekaman data penduduk. Sistem kerja software juga lebih akurat, efisien, dan cepat.

Revolusi Harus Disikapi dengan Bijak

Dunia teknologi akan terus berevolusi, baik ke arah positif maupun ke arah negatif. Revolusi teknologi juga sudah terbukti mampu menyingkirkan manusia dari pekerjaannya. Jika Anda termasuk salah satu pekerja dari 9 pekerjaan di atas, jangan stres. Sikapi perkembangan teknologi dengan bijak. Manfaatkan teknologi tersebut untuk mencari pekerjaan yang lebih layak demi masa depan.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini