Daftar 10 Orang Terkaya di China: Bos Tencent Jadi Juara, Jack Ma Peringkat Kedua

Keduari Rahmatana Kholiqa, Jurnalis · Kamis 22 Februari 2018 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 22 320 1863029 daftar-10-orang-terkaya-di-china-bos-tencent-jadi-juara-jack-ma-peringkat-kedua-a6AKATz6yA.jpg Ilustrasi: Reuters

JAKARTA - Populasi miliarder di China terus meningkat setiap saat. Ada sekitar 249 miliarder berasal dari China. Tidak sedikit dari miliarder tersebut berhasil karena usahanya kerja keras mereka sendiri.

Menurut laporan Wealth-X, China merupakan rumah bagi 10% dari hampir 2.400 miliarder di dunia. Tapi, mungkin yang lebih penting lagi, 94% besar dari mereka sukses karena kerja keras.

Secara keseluruhan, hanya 55% milyarder dunia yang dibuat sendiri, menurut angka badan intelijen tersebut. 13% milyarder dunia telah mendapatkan kekayaan mereka melalui warisan, sementara 32% telah membangunnya melalui kombinasi warisan dan kewirausahaan.

Terlebih lagi, milyarder China relatif lebih muda daripada rata-rata global, dengan sepertiga berusia di bawah 50, dibandingkan dengan 14% di seluruh dunia. Rata-rata miliarder di China berusia 53 tahun sementara rata-rata miliarder di dunia berusia 64 tahun.

Berikut miliarder asal China yang masuk 10 besar:

10. Yan Jiehe

Yan Jiehe merupakan pendiri China Pasific Construction Group dengan total kekayaan bersih sekitar USD14,1 miliar.

Dia mengatakan kepada majalah Fortune tahun 2014, Seperti orang tuanya, dia memulai karirnya sebagai guru sekolah, sebelum pindah ke industri konstruksi dan meluncurkan China Pacific Construction Group pada tahun 1995.

9. Zhang Zhidong

Zhang Zhidong atau yang dikenal sebagai Tony Zhang, lahir tahu 1971 dan menempuh pendidikan di Shenzen University. Saat ini, dia menjadi Co-founder dari Tencent Holdings dan memiliki kekayaan bersih sekitar USD15 miliar.

8. Lei Jun

Lahir pada tahun 1969, Lei belajar ilmu komputer di Universitas Wuhan dan bekerja sebagai insinyur sebelum mengambil posisi senior di beberapa perusahaan teknologi. Kemudian, pada 2010, dia turut mendirikan produsen smartphone dan perusahaan software Xiaomi.

Total kekayaannya mencapai USD15,1 miliar.

7. Li Hejun

Li Hejun merupakan seorang lulusan teknik mesin. Li mendirikan Hanergy pada tahun 1991 dengan modal 50.000 Yuan atau sekitar USD8.000 yang berasal dari pinjaman guru kuliahnya. Saat ini, Hanergy adalah perusahaan energi terbarukan terkemuka di dunia.

Total kekayaannya sekitar USD15,5 miliar.

6. Ding Lei

Ding adalah pendiri perusahaan teknologi internet China NetEase, yang menyediakan layanan konten online, komunikasi dan perdagangan. Dia meluncurkan bisnis ini pada tahun 1997 setelah belajar ilmu pengetahuan dan teknologi elektronik dan bekerja untuk waktu yang singkat sebagai insinyur. Saat ini dia mempunyai kekayaan sekitar USD17,2 miliar.

5. Wang Jianlian

Wang Jianlin lahir pada tahun 1954, Wang bertugas selama enam belas tahun di Tentara Pembebasan Rakyat China sebelum mendirikan Dalian Wanda Group pada tahun 1988. Saat ini, Wanda Dalian Group merupakan perusahaan pengembang real estat terbesar di China. Wang juga memiliki 20% klub sepak bola Spanyol Atletico Madrid dan memiliki kekayaan sekitar USD18,1 miliar.

4. Yang Huiyan

Wakil Ketua, Country Garden Holdings ini memiliki kekayaan sekitar USD20,7 miliar.

Pengembangan properti China Yang adalah pemegang saham mayoritas Country Garden Holdings, perusahaan pengembang properti yang didirikan oleh ayahnya, Guoqiang Yang pada tahun 1992. Dia dinobatkan sebagai wanita terkaya di Asia dalam laporan Kekayaan-X 2015.

3. Hui Ka Yan

Hui Ka Yan, juga dikenal sebagai Xu Jiayin, lahir di sebuah desa pedesaan di provinsi Henan pada tahun 1958. Setelah lulus dari perguruan tinggi, dia bekerja sebagai teknisi di sebuah pabrik baja selama satu dekade sebelum menjadi ketua pengembang real estat China, Evergrande Group. Kini, kekayaannya mencapai USD27,5 miliar.

2. Jack Ma

Jack Ma lahir pada tahun 1964 di Hangzhou, provinsi Zheijang. Dia memulai karirnya sebagai guru dan terkenal menderita puluhan penolakan kerja sebelum meluncurkan Alibaba Group. Saat ini, perusahaan Alibaba Group merupakan retailer terbesar di dunia dan salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Jack Ma memiliki total kekayaan USD40,2 miliar.

1. Ma Huateng

Putra seorang manajer pelabuhan, Ma belajar ilmu komputer di Universitas Shenzen sebelum memulai karirnya di bidang telekomunikasi. Dikenal sebagai Pony Ma, dia meluncurkan Tencent bersama empat teman sekelas di perguruan tinggi pada tahun 1998, dan sekarang menjabat sebagai chairman dan CEO.

Tencent adalah salah satu perusahaan internet terbesar di dunia dan menghitung jaringan sosial, e-commerce, sistem pembayaran dan permainan di antara layanannya. Saat ini, Pony Ma memiliki kekayaan USD41,8 miliar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini