Terus Merugi, PTPN X Tutup Pabrik Gula Meraka

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 23 Februari 2018 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 23 320 1863866 terus-merugi-ptpn-x-tutup-pabrik-gula-meraka-moqgVeuRfv.jpg Ilustrasi Gula. (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Perkebunan Nusantara X (PPNX) berencana untuk menutup pabrik gula mereka. Pabrik gula tersebut, ditutup lantaran tidak lagi menguntungkan.

Melansir keterbukaan informasi yang diterbitkan perseroan di situs Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (23/2/2018), semakin menurunnya luas areal tanaman tebu wilayah binaan Pabrik Gula Watoetoelis, mengakibatkan tidak terpenuhinya pasok bahan baku kebutuhan operasional.

Akibatnya, kinerja Pabrik Gula Watoetoelis dalam beberapa tahun belakangan mengalami penurunan, dan menyebabkan kerugian operasional produksi Perusahaan.

Oleh karena itu, guna mengefisienkan operasional giling PT Perkebunan Nusantara X secara konsolidasi, perlu mengoptimalkan penggilingan bahan baku tebu asli daerah ke Pabrik Gula lain di dalam lingkungan PT Perkebunan Nusantara X yang efisiensinya lebih baik, namun juga memiliki idle capacity untuk penyerapan tambahan bahan baku tebu.

Karena, guna mengambil langkah-langkah strategis dalam rangka mengurangi beban operasional Pabrik Gula Watoetoelis, perseroan pun melakukan pemberhentian operasional sementara.

Perseroan pun melakukan pemberhentian operasional sementara giling Pabrik Gula Watoetoelis, yang berlokasi di Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur. Sedangkan untuk Operasional tanaman (on farm) di bawah Pabrik Gula Watoetoelis, untuk sementara dialihkan kepada Pabrik Gula Kremboong di Kabupaten Sidoarjo dan Pabrik Gula Gempolkrep di Mojokerto.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini