Share

3 Bank Gabung Inisiatif Pembayaran Lintas Negara

ant, Jurnalis · Senin 12 Maret 2018 12:23 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 12 20 1871338 3-bank-gabung-inisiatif-pembayaran-lintas-negara-14iXHU6l3q.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Tiga bank besar Indonesia bergabung dalam SWIFT gpi, suatu inisiatif inovasi pembayaran lintas negara (cross-border) berskala global.

Ketiga bank tersebut yaitu PT Bank Negara Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia, dan PT Bank Sinarmas.

Dengan bergabungnya ketiga bank tersebut, Indonesia kini menyusul Thailand dan Singapura yang telah terlebih dahulu menerapkan layanan tersebut.

Baca Juga: OJK Cara Cari Jalankan Pungutan Restrukturisasi Perbankan

General Manager of International Division BNI Henry Panjaitan mengatakan, bergabungnya bank plat merah tersebut dengan SWIFT gpi adalah untuk meningkatkan pelayanan dalam semua transaksi perbankan yang dilakukan oleh nasabah.

"Pemberitahuan informasi dan biaya yang lebih cepat dan transparan, serta pengiriman uang yang dapat dilacak dan ditampilkan secara menyeluruh, merupakan keunggulan lebih dari SWIFT gpi," ujar Henry di Jakarta, Senin (12/3/2018).

Baca Juga: LPS: Peraturan Restrukturisasi Perbankan Masuk Tahap AKhir

SEVP Treasury and Global Services BRI Hexana Tri Sasongko mengatakan kemajuan teknologi dapat tumbuh bersamaan dengan pengembangan bisnis BRI sehingga inovasi teknologi akan selalu ada dalam sistem mereka.

"Dengan menerapkan SWIFT gpi, kami yakin akan mampu memberikan pengalaman pembayaran terbaru bagi pelanggan kami," kata Hexana.

Sementara itu, Presiden Director Bank Sinarmas Frenky Tirtowijoyo mengatakan, inisiatif inovasi pembayaran global tersebut dapat memberikan solusi keuangan digital bagi bank dan juga nasabah.

Baca Juga: Bank Bisa Atasi Krisis Tanpa APBN, Begini Penjelasan Sri Mulyani

"Ini memungkinkan mereka untuk melakukan pembayaran lintas batas secara real-time, andal, dan transparan," ujarnya.

Sebagai sebuah standar baru dalam pembayaran lintas negara, SWIFT gpi memadukan layanan pelacakan pembayaran secara real-time, transparansi biaya, dan penyelesaian di hari yang sama. Lebih dari sembilan juta pesan telah dikirimkan oleh lebih dari 35 bank yang telah bergabung dengan layanan tersebut dan sebagian transaksinya diselesaikan dalam hitungan jam, bahkan menit.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini