nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kunjungi Perancis hingga AS, Wamen ESDM Tawarkan 26 Wilayah Kerja Migas

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 18:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 13 320 1872189 kunjungi-perancis-hingga-as-wamen-esdm-tawarkan-26-wilayah-kerja-migas-l2SLyZpj1L.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Archandra Tahar beberapa hari yang lalu melakukan kunjungan negara luar negeri selama sepuluh hari. Adapun beberapa negara yang ia kunjungi adalah Perancis (Paris) dan Amerika Serikat (Houston).

Dalam kunjungannya Paris, dirinya bertemu dengan head office dari Maurel & Porm yang mana Pertamina memiliki saham yang cukup besar di perusahaan tersebut. Pertemuan tersebut untuk memastikan rencana kerja kedepan dari perusahaan tersebut.

"Sorenya bertemu dengan head office dari Maurel & Porm yang mana PT Pertamina (Persero). PT Pertamina cukup beaar. Beberapa lapangan kerja mereka kemudian mendengarkan rencana olil and promo kedepan. Secara garis besar cukup bisa dimengerti dan apa yang mereka rencanakan bisa direalisasikan tahun depan," ujarnya di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Archandra menambahkan, saat kunjungan ke Houston Amerika Serikat, dirinya menyebut kunjungan tersebut memiliki jadwal yang cukup padat. Karena dirinya sempat beberapa kali bertemu dengan perusahaan-perusahaan migas yang ada disana.

Dalam pertemuannya tersebut dirinya menawarkan beberapa blok migas yang tengah dilelang. Selain itu, dirinya juga memberikan informasi mengenai perkembangan mengenai kebijakan pemerintah terhadap sektor migas di Indonesia.

"Di Houston agak padat. Pertama Kementerian ESDM pro aktif tawarkan WK migas. Ini sudah kita umumkan lelangnya," ucapnya.

Sementara itu, dirinya juga sempat melakukan kunjungan ke perusaahan migas Chevron dan juga Exxon Mobil. Pertemuannya tersebut adalah untuk menawarkan ketertarikan perusahaan tersebut ke Indonesia.

"Kemudian Exxon mobil dia sangat apresiasi pemerintah dalam hal menarik investasi," ucapnya.

Selain itu, dirinya juga bertemu dengan beberapa perusahaan untuk memberikan informasi Mengani inovasi baru yakni skema grosssplit (bagi hasil). Dan mendengar tersebut para perusahaan migas yang ada disana memberikan apresiasinya b

"Kita juga lakukan sosialisasi dari new fiscal rezim kita ke kantor pusat beberapa perusahaan minyak di Houston. Kita juga sosialisasikan peraturan dan regulasi kementerian untuk mempercapat bisnis," jelasnya.

Tak hanya itu, dalam kunjungannya ke Houston dirinya juga sempat melakukan kunjungan dan bertemu dengan perusahaan BritisPetroleum (BP). Dalam kunjungannya tersebut dirinya mendapatkan kabari jika dirinya selalu mengikuti memegangi lelang 26 WK yang ditawarkan.

"Saya ketemu BP. Mereka menyampaikan, BP mengikuti secara intensif soal lelang WK 26 blok. Mereka dukung PIC Gross Split. Mereka menekankan capital disiplin, mereka tertarik melihat WK lain yang ada di Indonesia. BP juga menunjukan value creation untuk pengembangan digital teknologi. High performance centre," jelasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini