nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendag: Impor Bukan Pilihan yang Haram

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 15:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 14 320 1872646 mendag-impor-bukan-pilihan-yang-haram-mDUTC1CTlX.jpg Foto: Menteri Perdagangan Enggartiasto (Okezone)

JAKARTA - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menegaskan, saat ini Indonesia sudah mengurangi impor komoditas pangan. Pasalnya impor dilakukan hanya saat produk kosong di pasaran.

Baca Juga: Tanpa Izin, 9,1 Ton Jeruk Mandarin Ilegal asal China Diamankan

"Cabai, bawang merah kita enggak impor. Bawang putih kita impor karena belum produksi dan kita rendah sekali. Menteri Pertanian tentu berupaya meningkatkan produksi," ungkap Enggar saat Okezone berkunjung ke kantornya, Rabu (14/3/2018).

Baca Juga: Sanksi Importir Nakal, Izin Impor Dicabut hingga Denda Rp10 Miliar

Mendag Enggar menyebutkan, impor dilakukan oleh pemerintah untuk menjaga harga tetap stabil saat stok kurang. Dengan kondisi melindungi masyarakat ini maka impor yang dilakukan dianggap sesuatu yang wajar.

(Foto: Menteri Enggartiasto Lukita bersama Pimpinan Redaksi Okezone)

"Tapi beras kita ekspor dari pada kita kosong (stok). Impor beras untuk menekan harga dan mengisi suplay. Pilihan ini bukan sesuatu yang haram ya," jelasnya.

Baca Juga: 10.000 Ton Beras Impor Asal India Masuk ke Sumut

Enggar menekankan, impor adalah suatu keharusan yang dilakukan pemerintah. Tapi dia berharap hal itu tidak dinilai sebelah mata. Pasalnya selain impor, Indonesia juga tetap ekspor.

"Kita lebih, kita ekspor dan kita kurang, kita impor," tukasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini