Validasi Data Nasabah, MNC Bank Kerjasama dengan Ditjen Dukcapil

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 23 Maret 2018 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 23 320 1877121 validasi-data-nasabah-mnc-bank-kerjasama-dengan-ditjen-dukcapil-7JSfBmQWVw.jpg Direktur Utama MNC Bank Benny Purnomo. (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Bank MNC Internasional Tbk (MNC Bank) bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam pemanfaatan data kependudukan dari KTP elektronik atau e-KTP.

Kerjasama ini dilakukan melalui penandatanganan dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kemendagri di Jakarta, Jumat (23/3/2018). Penandatanganan dilakukan Direktur Utama MNC Bank Benny Purnomo dan Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh, bersama dengan 8 lembaga keuangan lainnya.

Benny mengatakan, dengan kerjasama ini, MNC Bank dapat lebih cepat melakukan validasi data nasabah saat pembukaan rekening baru. Sebab selain baik bagi prinsip bank untuk mengetahui data diri nasabah, juga lebih aman, cepat, dan nyaman bagi nasabah.

“Sebagai bank yang tengah ekspansi ke lini digital, kerja sama ini menjadi modal untuk menawarkan berbagai fasilitas dan pelayanan inovatif dalam menyambut ekonomi virtual,” ujarnya usai penandatanganan kerjasama di UOB Plaza, Jakarta, Jumat (23/3/2018).

Dia menambahkan, dengan menggunakan Dukcapil direct acces sebagai landasan membangun jaringan infrastruktur digital, MNC Bank juga dapat lebih akurat dan efektif dalam proses verifikasi data nasabah.

“Hal tersebut mendukung pengembangan produk dan layanan di mana ke depannya, nasabah bisa melakukan registrasi secara online dan langsung terverifikasi dengan data dari Dukcapil,” katanya.

Dengan demikian, maka data nasabah akan menjadi lebih akurat dan tidak ada lagi pengguna KTP palsu oleh karena terintegrasi langsung dengan data di Dukcapil.

"Jadi data-data mengenai nasabah atau calon nasabah akan menjadi lebih akurat, dan tidak ada KTP palsu lagi. Sehingga bagi nasabah keamanan ini menjadi hal yang penting, dan kami tingkatkan layanan itu pada nasabah," ucapnya.

Setelah berjalannya kerjasama ini, seluruh kantor MNC Bank yang berjumlah 67 kantor cabang, kantor cabang pembantu, dan kantor kas dari Medan hingga Makassar dapat memanfaatkan database kependudukan yang akurat.

Hal tersebut, kata Benny, membuat proses pengkinian data maupun pendataan berjalan lebih cepat sehingga meningkatkan kenyamanan ratusan ribu nasabah MNC Bank.

“Kami dapat lebih gencar melakukan peningkatan pelayanan dan fasilitas, serta menawarkan berbagai inovasi yang tentunya dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan Dana Pihak Ketiga dan Kredit di tahun 2018 di kisaran 9%-12%,” kata Benny.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini