nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hero Tunjuk Ingemar Patrik Jadi Presiden Direktur Baru

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Selasa 27 Maret 2018 16:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 27 278 1878620 hero-tunjuk-ingemar-patrik-jadi-presiden-direktur-baru-GYb6NJWE1s.jpg Stephane Deutsch. (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Hero Supermarket Tbk (HERO) mengangkat Presiden Direktur baru hari ini. Pasalnya, Presiden Direktur Hero telah mengajukan pengunduran diri sejak 13 Februari 2018.

Melansir keterbukaan informasi yang diterbitkan perseroan di situs Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (27/3/2018), perseroan mengangkat Ingemar Patrik Lindavall sebagai Presiden Direktur. Namun, keputusan tersebut baru disahkan pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Mei 2018.

Sekadar informasi, Stephane Deutsh mengajukan pengunduran diri dari jabatannya sebagai Presiden Direktur Hero. Perseroan pun memututskan penggantinya secepat mungkin, sesuai dengan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sebelumnya, General Manager (GM) dari IKEA Indonesia, anak usaha Hero Supermarket Mark Magee juga mengundurkan diri. Namun, perseroan tidak mengungkapkan secara pasti alasan dari pengunduran diri tersebut.

Baca Juga: Hero Supermarket Rugi Rp191 Miliar, Penjualan Turun 5%

Perusahaan mencatatkan rugi bersih sebesar Rp191 miliar. Padahal, tahun 2016 perseroan mampu mengantongi laba bersih hingga Rp121 miliar.

Presiden Direktur Hero Supermarket Stephane Deutsch menjelaskan, kerugian ini disumbang adanya penurunan penjualan bersih sebesar 5% di tahun 2017 sebesar Rp13,03 triliun dari tahun sebelumnya Rp13,67 triliun.

Penurunan penjualan terutama disumbang dari bisnis makanan. Bisnis makanan mengalami penurunan penjualan sebesar 7% menjadi Rp10,85 triliun karena penjualan like-for like yang negatif akibat melemahnya kinerja supermarket dan hypermarket.

Di samping itu, penurunan ini disebabkan oleh biaya one-off yang dikeluarkan sebesar Rp366 miliar yang sebagian besar digunakan untuk penurunan nilai aset dan stock clearance pada bisnis makanan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini