Share

Waspada, Long Weekend Berdekatan dengan Gajian Bisa Bikin Boros

Ulfa Arieza, Jurnalis · Sabtu 31 Maret 2018 06:20 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 30 320 1880159 waspada-long-weekend-berdekatan-dengan-gajian-bisa-bikin-boros-PjC9fkMR4p.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Libur panjang di akhir pekan atau long weekend adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu. Selain punya waktu istirahat yang lebih banyak, kesempatan berkumpul dengan keluarga juga makin panjang dibandingkan dengan akhir pekan biasanya.

Apalagi, jika long weekend jatuh setelah periode gajian. Ketersediaan uang membuat kita dengan leluasa memilik kegiatan untuk menghabiskan akhir pekan.

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengingatkan agar waspada terhadap pemborosan saat long weekend setelah gajian.

"Kalau boros, kemungkina besar iya. Logikanya kan pasti ingin keluar rumah ke tempat wisata. Kalaupun tidak keluar rumah pasti ada saudara yang datang berkunjung, sehingga paling tidak kita harus menyiapkan jamuan," ujarnya saat dihubungi Okezone.

Baca Juga: Tips Hindari Kantong Kering di Akhir Bulan

Akan tetapi, bukan berarti alih-alih untuk berhemat kita hanya berdiam diri sembari menghabiskan long weekend di rumah.


Menurut Andi, bisa saja kita menikmati long weekend dengan berlibur bersama dengan keluarga tetapi tetap berhemat.

Andi menyarankan, untuk memantau periode long weekend dari jauh hari sehingga bisa menyiapkan alokasi keuangan untuk berlibur bersama keluarga.


Baca Juga: Tanggal Tua vs Tanggal Muda, Simak Cara Menyiasatinya

Andi menggarisbawahi, tidak perlu setiap menghabiskan long weekend di luar rumah. Tetapi, disesuaikan dengan kebiasaan keluarga.

"Tipsnya harus rajin pantau ada long weekend kapan. Perlu keluar enggak? Jadi kita mengikuti kebiasaan keluarga," kata dia.


(ulf)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini