5 Hal yang Membuat Bisnis Anda Bangkrut

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 01 April 2018 07:09 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 31 320 1880487 5-hal-yang-membuat-bisnis-anda-bangkrut-5N3Btm6UPf.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Penjualan merupakan hal yang paling penting dan krusial dalam sebuah bisnis individu maupun perusahaan. Karena, jika anda memiliki penjualan yang bagus maka anda atau perusahaan anda bisa dibilang berhasil dan sukses karena memiliki pendapatan dan keuntungan yang besar.

Namun dalam melakukan penjualan, anda tidak bisa sembarangan melakukannya. Karena, alih-alih mendapatkan untung, justru bisnis anda bisa berakhir buntung jika anda salah langkah dalam melakukan penjualan.

Anda perlu wawasan yang luas mengenai apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang tidak perlu dilakukan agar penjualan anda bisa memuaskan. Karena banyak sekali pebisnis yang mengalami kegagalan tidak mengetahui apa yang menyebabkan bisnisnya hancur.

Dilansir dari halaman sales-initiative.com berikut lima hal penyebab bisnis anda gagal yang berhasil dirangkum Okezone:

1. Penjualan yang Buruk

Hal pertama menyebabkan bisnis anda gagal adalah melakukan proses penjualan yang buruk. Hampir sebagian pengusaha atau pebisnis yang gagal memiliki proses penjualan yang buruk.

Mereka sering kali melakukan penjualan dengan asal-asalan. Hal tersebut justru membuat penjualan anda tidak berjalan dengan lancar.

Oleh karena itu langkah awal yang perlu anda lakukan adalah melakukan perencanaan dalam menjual produk anda. Jika perencanaan sudah berjalan dengan baik maka proses anda dalam melakukan jualan akan baik pula dan itu berdampak pada bisnis anda ke depannya.

2. Minim Keterampilan

Satu lagi yang menjadi penyebab gagalnya bisnis anda adalah minimnya kreativitas. Sering kali banyak sekali pebisnis yang melupakan keterampilan dan kreativitas dalam menjalankan bisnisnya.

Tidak sedikit pebisnis atau pengusaha hanya mengejar bagaimana caranya mendapatkan modal usahanya kembali tanpa memikirkan bisnisnya ke depan. Sehingga perusahaan tersebut hanya berkutat pada itu-itu saja tanpa adanya inovasi.

Hal tersebut justru sangat fatal. Karena dengan model bisnis yang begitu-begitu saja, maka mistar atau konsumen anda justru akan bosan dan perlahan lahan meninggalkan anda.

3. Kurang Wawasan

Tidak sedikit pengusaha yang mengabaikan aspek wawasan. Hal tersebut justru membuat bisnis anda terancam bangkrut.

Sebuah wawasan sangatlah penting untuk membangun dan memproyeksikan hal-hal baru dari bisnis anda. Melalui wawasan yang kuat anda dapat memetakan hal apa saja yang akan dilakukan, dan apa saja yang tidak boleh dilakukan untuk menjalankan bisnisnya.

Sebagai contoh, jika anda ingin memiliki sebuah usaha di sebuah kota maka anda perlu tau apa yang menjadi ciri khas dari kota tersebut. Misalnya, anda ingin memiliki usaha di Bandung maka anda harus memiliki wawasan hal-hal yang berkaitan dengan Bandung dan masyarakatnya.

4. Pesimis

Satu hal lagi yang membuat bisnis anda menurun bahkan bangkrut adalah pesimis. Sering kali banyak pebisnis khususnya pemula minder atau pesimis jika perusahaannya bisa bersaing dengan perusahaan lainya.

Padahal, belum tentu perusahaan yang menjadi saingan anda tersebut lebih baik dibandingkan perusahaan anda. Pesimistis tersebut membuat hal apa saja yang dilakukan anda akan dinilai sebagai salah, sehingga membuat kinerja perusahaan anda akan perlahan lahan menurun.

5. Tidak Bisa Menciptakan Suasana Nyaman

Hal terakhir yang membuat perusahaan anda atau bisnis anda menurun adalah tidak bisa membuat suasana internal perusahaan anda menjadi nyaman. Dalam sebuah perusahaan atau bisnis anda tentu tidak bisa berjalan sendiri melainkan membutuhkan bantuan orang lain.

Jika anda tidak bisa menciptakan suasana yang nyaman, maka orang-orang yang akan membantu membesarkan bisnis atau perusahaan anda akan perlahan lahan meninggalkan anda. Jika hal tersebut terjadi maka anda tinggal menunggu waktu perusahaan atau bisnis anda akan bangkrut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini