Buah Asli Indonesia yang Nyaris Punah

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 05 April 2018 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 05 320 1882417 buah-asli-indonesia-yang-nyaris-punah-gno9e7Ylgs.jpg Foto Buah Kecapi (Ist)

JAKARTA – Gencarnya pembukaan lahan untuk kebutuhan manusia menyisakan sebuah fenomena baru. Di mana tanah hijau semakin sempit dan berujung hilangnya sejumlah pohon.

Tidak pelak situasi itu membuat buah asli Indonesia pun nyaris punah. Apa saja? Berikut selengkapnya.

Kepayang

Buah Kepayang dalamnya mirip dengan alpukat. Dinamakan buah kepayang karena bila memakannya tidak akan bisa berhenti makan karena sangat enak.

Menteng

Rasanya asam-asam manis. Daging buahnya sangat sedikit karena bijinya besar. Buah ini banyak terdapat di Bogor dan sekitarnya. Di Jawa Tengah, menteng disebut dengan mundung.

Kemang

Buah kemang sejenis mangga, apabila telah matang berwarna kuning kecokelatcokelatan. Daging buah berwarna kuning,mengandung banyak cairan dengan rasa asam manis.

Kecapi

Pohon ini ditanam terutama karena diharapkan buahnya, yang berasa manis atau agak masam. Kulit buahnya yang berdaging tebal kerap dimakan dalam keadaan segar atau dimasak lebih dulu dijadikan manisan.

 

Jambu mawar

Jambu mawar alias jambu kraton adalah anggota suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Buahnya berbentuk hampir bulat, agak lonjong atau melebar pada dasarnya.

Sawo durian

Buah sawo durian hijau yang telah tua kulitnya hijau keputihan dan jika masih muda warnanya hijau muda. Sedang daging buahnya lunak dan berwarna putih susu bila telah masak.

Keledang

Buah ini hanya ada di Kalimantan. Sayang di Kalimantan sendiri buah ini juga dinyatakan sudah langka. Buah Keledang mirip dengan buah Nangka namun memiliki bentuk isi berbeda.

Maritam

Buah ini sama bentuknya seperti rambutan namun jika rambutan memiliki rambut, maritam tidak memiliki rambut. Rasanya juga tidak jauh beda dengan rambutan malah cenderung sama. (Bobby Firmansyah)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini