nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasar Saham Bergejolak, Dirut BEI Sarankan Investor Tambah Informasi

Ulfa Arieza, Jurnalis · Selasa 10 April 2018 11:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 10 278 1884496 pasar-saham-bergejolak-dirut-bei-sarankan-investor-tambah-informasi-aRQINRFGd6.jpg Direktur Utama BEI Tito Sulistio. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pasar saham Indonesia mengalami tekanan dalam beberapa bulan belakangan. Meningkatnya potensi perang dagang global antara China dan Amerika Serikat (AS), telah membuat gejolak di pasar.

Oleh karena itu, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio mengatakan, untuk menghadapi kondisi pasar yang tengah bergejolak, maka pelaku pasar hendaknya membekali diri dengan informasi, yang berkaitan dengan kondisi pasar serta sentimen global yang menyebabkan gejolak.

"Jadi ini informasi yang penting saat ini, lengkapi diri semua dengan informasi yang non-fundamental," ujarnya di Gedung BEI, Selasa (10/4/2018).

Baca Juga: Piala Dunia Diperkirakan Turunkan Transaksi Saham

Menurutnya, pendalaman informasi ini juga tengah dilakukan oleh BEI. Tito menambahkan, pihaknya juga tengah mempelajari kondisi pasar saat ini.

Sebab, lanjut dia, sentimen tersebut bisa mempengaruhi persepsi yang menjadi komponen utama pembentuk pasar, selain kinerja fundamental negara dan kinerja emiten. "Antisipasinya informasi kita teruskan, terus berikan. Makanya kita lagi studi ini apa kejadiannya di dunia,kita harus tahu," tambahnya.

Baca Juga: IHSG Alami Gejolak Paling Unik dalam Sejarah

Dia menambahkan, persepsi investor adalah hal yang tidak dapat diintervensi oleh BEI maupun pemerintah. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui dan meluruskan informasi pasar.

"Ekonomi lu bagus emiten lu bagus, tapi Presiden Trump keseleo saja, harga saham turun. Jadi, informasi kita harus tahu informasi ketat," tukas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini