nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bank BUMN Berpeluang Jadi Investor Bank Muamalat

Ulfa Arieza, Jurnalis · Rabu 11 April 2018 17:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 11 278 1885284 bank-bumn-berpeluang-jadi-investor-bank-muamalat-FVVDGzOYTw.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Bank-bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dimungkinkan untuk menjadi investor untuk melakukan penyertaan modal kepada Bank Muamalat. Saat ini, bank syariah tertua di Indonesia itu mengalami keterbatasan permodalan sehingga menghambat ekspansi.

Direktur Utama Bank Muamalat Ahmad Kusna Permana mengatakan, saat ini adalah momentum tepat bagi investor lokal terutama dari sisi pemerintah untuk masuk ke dalam susunan permodalan Bank Muamalat.

"Bisa lewat Bank BUMN bisa lewat institusi pemerintah yang lain," ujarnya di Gedung DPR MPR RI, Rabu (11/4/2018).

Ahmad menyebut, mekanisme masuknya bank plat merah bisa langsung melalui induk ataupun melalui penyertaan modal dengan penerbitan saham baru atau right issue.

Dia mengatakan, sudah ada pembicaraan dengan pihak bank plat merah soal rencana tersebut.

"Pembicaraan sudah ada dari BUMN bank maupun dengan induk juga sudah ada pemegang saham juga sudah ada semoga bisa segera direalisasikan," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso membuka opsi yang lebar bagi investor Bank Muamalat. Dengan demikian, tidak ada pembatasan bagi investor yang akan masuk menjadi investor, sehingga bagi bank BUMN maupun investor pemerintah dan swasta lainnya memiliki kesempatan yang sama.

Bagi OJK, yang terpenting adalah calon investor harus mampu memenuhi persyaratan yang diajukan OJK.

"Ibaratnya nikah kan harus ada suratnya dulu, kalau belum ada surat jangan ngomong. Pemegang saham pengendali kan masih meretain, jadi enggak ada masalah," kata dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini