nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenkeu: Pencairan THR dan Gaji Ke-13 PNS Tinggal Tunggu PP

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Senin 16 April 2018 19:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 16 320 1887402 kemenkeu-pencairan-thr-dan-gaji-ke-13-pns-tinggal-tunggu-pp-fFuBUkzIMQ.jpeg Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Yohana/Okezone

JAKARTA - Kementerian Keuangan sudah mempersiapkan anggaran untuk pemerian Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gaji ke-13 bagi Pegawai Negara Sipil (PNS) maupun pensiunan PNS. 

Tahun ini, jumlah THR akan semakin besar karena tak hanya gaji pokok, namun ditambah dengan tunjangan kinerja (tukin).

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Aslokani menyatakan, pencairan dana ini hanya menunggu terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) yang saat ini sedang disusun Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.  

Baca Juga: THR PNS Tahun Ini Lebih Besar, APBN Aman?

"Nanti kita tunggu PP-nya. Sudah ada sih bayangannya.  Itu sudah masuk ke APBN 2018, anggarannya sudah diperhitungkan (termasuk tukin). Jadi enggak ada tambahan anggaran, tinggal tunggu PP-nya (terbit)," jelas dia di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (16/4/2018). 

Aslokani mengaku anggaran yang disediakan pemerintah memang jauh lebih besar ketimbang tahun lalu yang sebesar Rp14 triliun. Kendati demikian, dia enggan merinci angka tersebut. 

"Anggarannya lebih besar, karena itu kan ada tambahan untuk pensiun (dapat THR). Sehingga itu juga (diharapkan) membantu daya beli masyarakat untuk tingkatkan ekonomi," katanya. 

Baca Juga: Menhub Minta Kemenaker Pastikan THR Cair H-7 Lebaran

Pemerintah sendiri telah mengalokasikan anggaran belanja pegawai dalam APBN 2018 sebesar Rp227,5 triliun, termasuk di dalamnya belanja untuk THR dan Gaji ke-13 PNS. 

Pemberian dana THR kepada PNS pun direncanakan sebelum Lebaran yang jatuh pada tanggal 15-16 Juni 2018. Sedangkan untuk gaji ke-13 akan diberikan pada bulan Juli, usai libur Idul Fitri berakhir.

"Implementasinya THR itu biasanya sebelum Lebaran, bulan Juni. Kalau yang gaji ke-13 juga untuk pensiun itu, sebelum mulai pelajaran sekolah, Juli," jelasnya. 

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini