nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penerapan BBM Euro 4 Diwajibkan pada Febuari 2019

Ulfa Arieza, Jurnalis · Senin 16 April 2018 21:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 16 320 1887472 penerapan-bbm-euro-4-diwajibkan-pada-febuari-2019-9mge6AxnvI.jpg Foto: (Ulfa/Okezone)

JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan kelonggaran atas penerapan Bahan Bakar Minyak (BBM) standar Euro 4. Kelonggaran diberikan terutama pada daerah-daerah yang sulit dijangkau. 

Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan, kelonggaran penerapan BBM Euro 4 pada daerah yang susah dijangkau diterapkan selama 6 bulan terhitung dari September 2018.

"Kami menerapkan kalau bisa di daerah yang padat dulu. Kalau di daerah remote area yang penduduknya enggak banyak itu masih bisa (kelonggaran)," ujarnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (16/4/2018). 

Baca Juga : Indonesia Negara Terakhir yang Pakai Premium

Nurbaya mengatakan, penerapan BBM Euro 4 akan diprioritaskan pada daerah yang berpenduduk padat. Akan tetapi, Nurbaya menegaskan bahwa penerapan BBM Euro 4 tersebut tidak semata-mata untuk menyambut event internasional, tetapi juga untuk menjaga lingkungan Indonesia  

"Kita kan sekarang tinggal berdua dengan Myanmar yang masih EURO 2. yang lain sudah EURO 4," kata dia. 

Baca Juga : Di Malaysia, BBM EURO 4 Dijual Seharga Rp7.140/Liter

Kelonggaran ini diberikan diberikan juga atas permintaaan Pertamina yang memiliki keterbatasan atas produksi Euro 4. Di mana tidak seluruh kilang Pertamina mampu menghasilkan standar Euro 4. 

"Pertamina bilang ke saya bahwa dia punya kesulitan, karena setiap produk Pertamina dari awal sampai distribusi itu alat-alatnya tertentu. Itu yang kami masih mau rapat. dia minta kelonggaran terkait itu," kata dia. 

(feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini