Pantau Pembicaraan Perdagangan AS-China, Bursa Saham Asia Mixed

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Jum'at 04 Mei 2018 08:44 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 04 278 1894315 pantau-pembicaraan-perdagangan-as-china-bursa-saham-asia-mixed-i6kEckB1g1.jpg Ilustrasi: Pergerakan Bursa Saham Asia Mixed (Shutterstock)

JAKARTA - Bursa saham Asia bergerak dua arah pada pembukaan perdagangan Jumat waktu setempat, hal ini dikarenakan investor terus memantau pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat (AS) dengan China.

Melansir CNBC, Jumat (4/5/2018), indeks saham acuan Australia, ASX 200 naik 0,16% dalam perdagangan pagi, meskipun subindex keuangan sedikit lebih rendah. Penguatan terlihat di sektor bahan serta produsen emas.

Sementara itu, indeks saham acuan Korea Selatan, Kospi turun 0,31% dengan penurunan di sektor automotif dan teknologi. Saham Samsung Electronics bergerak mendatar. Di sisi lain, pasar saham Jepang sedang libur.

 

Seperti yang diketahui, Wall Street juga ditutup bervariasi, dengan Dow Jones mengukir keuntungan dari 5,17 poin menjadi ditutup pada 23930,15, sedangkan indeks utama AS lainnya ditutup turun moderat.

Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin memimpin pertemuan dengan para pejabat China dan mendiskusikan perdagangan antara kedua negara.

 

Tidak lama sebelum perundingan diadakan di Beijing, suasana antara dua ekonomi terbesar dunia memburuk di tengah laporan pemerintah AS sedang mempertimbangkan untuk mengambil tindakan untuk membatasi beberapa kemampuan perusahaan China untuk menjual peralatan telekomunikasi.

"Kemajuan substantif pada perlindungan IP dan memotong defisit barang/perdagangan AS dengan China dengan jumlah tetap tampak jauh, atau tidak mungkin," kata laporan ANZ.

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini