Ada Teror Bom, Sri Mulyani Yakinkan Investor Keamanan Indonesia

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 14 Mei 2018 14:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 14 20 1898060 ada-teror-bom-sri-mulyani-yakinkan-investor-keamanan-indonesia-OPOzsb0Kfw.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Okezone

JAKARTA – Pasca peristiwa ledakan bom tiga lokasi di wilayah Surabaya, pemerintah akan berupaya meyakinkan investor dan pelaku pasar bahwa kejadian tersebut tidak mempengaruhi fundamental ekonomi Indonesia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pemerintah tetap menjaga momentum fundamental ekonomi Indonesia, mulai dari pertumbuhan ekonomi yang sekarang sedang menguat dan juga menjaga kebijakan  untuk dapat meningkatkan investasi, ekspor dan daya beli masyarakat.

Baca Juga: Kesedihan Jokowi Lihat Jenazah Anak-Anak Pelaku Bom Bunuh Diri Surabaya

"Kita akan berkomunikasi bahwa Indonesia memiliki kebijakan ekonomi yang memperkuat pondasi kita. Semua itu merupakan janji atau bukti komitmen pemerintah," tuturnya, di Kantor BPK, Jakarta, Senin (14/5/2018).

Menurut Sri Mulyani, sebenarnya kalau investor melihat sisi kinerja ekonomi, pertumbuhan APBN dan moneter terus dijaga. Hal ini menjadi fokus pemerintah untuk dijaga.

Pengamanan di Polrestabes Surabaya Pascaledakan Bom Bunuh Diri

"Apalagi masyarakat sedang meningkat, tentu kita berkepentingan untuk tidak membiarkan suatu teror itu kemudian menghilangkan kepercayaan dan persepsi positif pada ekonomi kita," tuturnya.

Hanya saja, Sri Mulyani berharap  Indonesia sebagai suatu negara secara reputasi bisa menjaga keamanannya. Sebagai negara berdaulat kita memiliki kemampuan untuk menangani tantangan radikalisme dan terorisme ini.

Baca Juga: Pelaku Sektor Wisata Khawatir Bom Gereja Surabaya Akan Berdampak ke Bali

"Kita tentu mendukung penuh apa yang dilakukan aparat keamanan, apakah Polri bersama TNI dan BNPT untuk bisa mengembalikan keamanan yang ada di dalam negeri karena tahun ini kita semua tahu bahwa kita masuk tahun politik, Pilkada, Asian Games, pertemuan IMF-World Bank," tuturnya.

Menurutnya, tindakan aparat keamanan sangat dinantikan. Apalagi dari kondisi perekonomian global sedang bergejolak tentu aksi teror bom ini bisa mengurangi kepercayaan pada Indonesia. Oleh karena itu, supaya persepsi tersebut tidak terjadi, dalam hal ini negara harus disampaikan aman.

Terduga Teroris Ledakan Bom di Mapolrestabes Surabaya Pelaku Menggunakan Sepeda Motor

"Jadi dari sisi tindakan yang dilakukan teroris di mana itu terjadi di berbagai negara, kita berharap penanganan ini bisa menimbulkan kepercayaan bahwa Indonesia bisa menjaga keamanan," ujarnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini