nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ancaman Perang Dagang AS hingga Suku Bunga Fed, Apa yang Dilakukan Pemerintah?

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 06 Juli 2018 14:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 06 20 1918851 ancaman-perang-dagang-as-hingga-suku-bunga-fed-apa-yang-dilakukan-pemerintah-MzMrHXJ49y.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Pemerintah tengah mempersiapkan antisipasi untuk menghadapi perang dagang hingga kenaikan suku bunga dan kebijakan Amerika Serikat (AS). Kementerian Koordinator bidang Perekonomian pun memimpin persiapan tersebut.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pemerintah sebelumnya sudah melakukan rapat untuk menghadapi perkembangan perekonomian global seperti perang dagang dan lainnya. Jadi ditentukan apa saja yang diantispasi, tentunya dengan mendorong ekspor.

"Apa yang perlu mempercepat ekspor, apa itu barangnnya. Tapi jangan tanya dulu barangnya karena tadi baru mulai diidentifikasi," tuturnya di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (6/7/2018).

 Darmin Nasution dan Yasonna Bicara Perbaikan Iklim Usaha dan Revitalisasi Hukum

Selain ekspor, lanjut Darmin, tentu untuk menghadapi gejolak global, Indonesia harus bisa memperlambat impor.

"Nah nanti kita akan ada rapat lagi mungkin lebih luas. Tadi kan ke industri pariwisata, mungkin minggu depan dengan pertanian dan ESDM, nanti sore," tuturnya.

 

Pada intinya, Kemenko Perekonomian akan melakukan rapat koordinasi dengan semua kementerian terkait untuk mencari informasi dan memikirkan apa langkah selanjutnya untuk meningkatkan ekspor dan menurunkan impor.

"Jadi nanti kita akan bentuk task force untuk merumuskan lebih persis apa saja yang perlu dilakukan di bidang ekspor dan impor," ujarnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini