nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menpan-RB Minta Honorer Ikut CPNS 2018, Tapi Usia di Bawah 35 Tahun

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 11 Juli 2018 18:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 11 320 1921046 menpan-rb-minta-honorer-ikut-cpns-2018-tapi-usia-di-bawah-35-tahun-9G9ADnmiUq.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

TANGERANG - Pemerintah akan membuka kembali seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Adapun dalam pembukaan CPNS 2018 ini, pemerintah akan memprioritaskan tenaga pengajar alias guru.

Tak tanggung-tanggung 100.000 formasi disiapkan untuk mengisi tenaga pengajar di seluruh Indonesia. Lantas bagaimanakah nasib para tenaga honorer?

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengatakan, tenaga honorer bisa mengikuti seleksi CPNS pada tahun ini. Asalkan yang bersangkutan memenuhi kualifikasi yang tertera pada persyaratan menjadi abdi negara tersebut.

"Khusus untuk rekrutmen sekarang itu kan tidak bisa lagi tanpa tes nah jadi kalau yang memenuhi syarat K2 atau yang honorer itu tadi silahkan ikut tes," ujarnya saat ditemui di ICE BSD, Tangerang, Rabu (11/7/2018).

 

Menurut Asman, tidak ada keistimewaan yang akan didapatkan oleh tenaga honorer, sekalipun itu dengan masa baktinya sudah bertahun-tahun. Jika tenaga honorer memenuhi syarat dan lulus tes maka pemerintah akan mengangkat orang yang bersangkutan menjadi PNS.

"Kemarin sudah saya jelaskan ke DPR bahwa ada skema dan teknik yang harus kita lakukan rekrutiment sekarang," jelasnya.

Sebab lanjut Asman, saat ini pihaknya belum menyediakan kuota khusus untuk tenaga honorer dengan masa jabatan yang lama. Karena sesuai dengan Undang-Undang seluruh masyarakat yang ingin menjadi abdi negara harus melalui mekanisme tes seleksi CPNS yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

"Sementara kita prioritaskan rekrutmen itu secara terbuka," tegasnya.

 

Sementara itu di tempat berbeda, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengamini hal tersebut. Bagi guru honorer yang masih memenuhi syarat tetap bisa mengikuti seleksi CPNS.

"Itu belum, kan gini honorer ini pernah enggak lulus kan dan angkanya jeblok banget. Oke kemanusiaan, kemanusiaan untuk siapa nih untuk honorernya atau kalau dia jadi guru kemanusiaan untuk murid-muridnya nih. Kalau mereka tidak berkualitas yang kasian siapa sih murid-muridnya juga. Jadi kita ingin oke kita bisa menerima mereka tapi dengan kualifikasi yang betul itu jadi kalau mau silakan ikut, yang di bawah 35 silahkan ikut," jelasnya.

Sementara bagi guru honorer yang tidak memenuhi syarat seperti batasan umur maksimal 35 tahun, untuk sementara belum bisa mengikuti tes tersebut. Namun tidak menutup kemungkinan di masa mendatang, pemerintah akan menyiapkan kilat khusus bagi guru honorer yang berumur di atas 35 tahun agar bisa diangkat menjadi PNS.

"Yang di atas 35 tahun belum kita belum sampai ke sana. Kecuali nanti ada perubahan regulasi. Tapi sampai sekarang belum," kata Bima.

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini