nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rumah Pejabat Eselon I hingga III, Menpan-RB: Itu Rumah Pribadi dan Bayarnya Dicicil

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 11 Juli 2018 16:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 11 470 1920970 rumah-pejabat-eselon-i-hingga-iii-menpan-rb-itu-rumah-pribadi-dan-bayarnya-dicicil-QDxigXkdwB.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

TANGERANG - Pemerintah berencana menyediakan hunian layak bagi aparatur sipil negara (ASN), TNI, Kejaksaan dan Polisi Republik Indonesia (Polri) dengan jabatan setara eselon 1, 2, dan 3. Hal ini berdasarkan hasil rapat yang dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengatakan, nantinya rumah tersebut bukan bersifat rumah dinas. Melainkan rumah tersebut bersifat milik pribadi.

Artinya para PNS, TNI dan Polri harus membeli rumah tersebut dengan cara mencicil. Hanya saja, mengenai mekanisme dan harganya akan disesuaikan dengan rumah khusus Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

 Hari Ini Seluruh PNS Pemprov DKI Masuk Kerja Pascalibur Lebaran

Artinya, harga jualnya pun lebih terjangkau yakni berada di kisaran Rp100-200an juta. Adapun jika menggunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk MBR, berarti cicilan perbulannya adalah dikisaran Rp700 hingga Rp1 jutaan per bulannya.

"Kalau yang mau kita bangun ini kan kepemilikan (pribadi) ASN, supaya dia dapat rumah yang terjangkau harganya," ujarnya saat ditemui di ICE BSD, Tangerang, Rabu (11/7/2018).

Mengenai mekanisme pembiayaanya hingga saat ini masih terus dilakukan pengocokan di lintas Kementerian. Khususnya apakah untuk pembayaran Down Payment-nya (DP) akan ikut disubsidi, atau justru dibebaskan DP-nya dengan masa cicilan yang diperpanjang.

 

Selain itu, saat ini juga pihaknya terus melakukan komunikasi dengan lintas Kementerian mengenai penyediaan lahannya. Apakah nantinya akan berada didalam satu cluster dengan konsep ASN City, atau justru dibebaskan untuk memilih dimanapun asalkan harganya bisa sesuai. "Untuk lahannya lagi di proses," ucapnya singkat.

Asman berharap dengan adanya kemudahan ini tidak adalagi ASN yang tidak memiliki rumah. Sebab selama ini masih banyak sekali ASN yang memiliki rumah karena tingginya nominal cicilan yang harus dibayarkan.

Sampai saat ini, terdapat 945 ribu ASN yang belum memiliki rumah. Selain itu ada 275 ribu TNI dan 360 ribu anggota Polri yang belum memiliki rumah.

"(Jadi) nanti sebelum pensiun dia jadi sudah punya rumah. Ini lah nanti yang dibangun oleh Badan Pensiun itu. Mungkin nanti Taspen yang kita integrasikan," jelasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini