nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Investasi terhadap Diri Sendiri yang Bisa Bikin Kaya Raya

Inews, Jurnalis · Minggu 15 Juli 2018 18:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 15 320 1922615 3-investasi-terhadap-diri-sendiri-yang-bisa-bikin-kaya-raya-vrfdmMYfo9.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA – Menjadi seorang miliarder tidak hanya sekadar berinvestasi dan bermain saham saja. Ada banyak hal yang perlu dikembangkan sebelum akhirnya Anda bisa memulai investasi dan berkegiatan usaha.

Sebelum bermimpi menjadi seorang miliarder dan tertarik untuk berinvestasi, ada baiknya Anda simak tips pakar finansial Chris Reining yang dikutip dari CNBC, Minggu (15/7/2018).

Kelilingi Diri Anda dengan Orang yang Tepat

Mungkin ada baiknya Anda berkonsultasi dengan orang yang rata-rata sudah sukses. Dengan dikelilingi orang-orang yang sukses maka Anda sembari belajar, bertukar pikiran, dan berbagi keahlian sehingga keputusan yang diambil untuk menjadi calon investor tidak salah langkah serta tidak merugikan. Chris Reining pernah menghadiri suatu pertemuan investor di Portland.

nabung

Dalam pertemuan itu, dia berhasil menyerap ilmu serta saran dari para kelompok yang berhasil menggapai kesuksesan. “Sejak 2015, kami berempat telah bertemu setiap minggu selama satu jam. Dan saya terus takjub melihat betapa saya telah tumbuh melalui saran dan pengetahuan kelompok (investor),” ujarnya.

Kembangkan Bakat

Ada suatu kalimat terbaik yang dilontarkan oleh Warren Buffett, seorang komisaris, direktur utama, dan sekaligus pemegang saham terbesar di Berkshire Hathaway, Amerika Serikat (AS). “Berinvestasi dalam diri Anda adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan. Apa pun yang meningkatkan bakat Anda sendiri,” ujar Buffett.

Baca Juga: Hitung Pengeluaran Lebaran Jangan Tunggu THR Turun

Itu bisa menjadi nasihat investasi terbaik yang pernah disampaikan Buffett. Apa yang dia katakan bakal menambah bakat Anda. Dapatkan keterampilan yang lebih baik seperti berbicara di depan umum, menulis, desain, persuasi, dan teknologi. Ini dapat membuat Anda menjadi pembicara dan penulis publik yang hebat, atau pelatih pribadi dengan penguasaan psikologi dan persuasi. Ini adalah bagaimana Anda menjadi lebih berharga.

rupiah

Dapatkan Mentor

Kesalahan karier terbesar yang Chris Reining pernah buat adalah tidak memiliki seorang mentor. Adalah kesalahan jika menganggap semakin keras berkerja makan karier cepat menanjak. Sebenarnya, kunci untuk maju adalah menunjukkan nilai Anda. Karena itu, dibutuhkan mentor untuk membantu Anda melakukan itu.

Carilah mentor atau pemberi advice yang berpengetahuan luas dan berpengalaman lebih banyak dari Anda. Ketika bertemu dengan mereka (mentor), pastikan membawa daftar pertanyaan, masalah, atau topik yang ingin dibahas. Secara singkat beri tahu mereka apa yang baru saja Anda capai serta kemunduran atau tantangan apa yang Anda hadapi. Kemudian, cara pendekatan seperti apa yang dapat menyelesaikannya.

“Saya tidak akan berada di tempat saya hari ini tanpa menjangkau orang-orang yang saya kagumi dan meminta mereka untuk membantu,” ucap Chris.

(Ade Miranti Karunia Sari)

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini