nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Serukan Boikot Produk Elektronik AS, Erdogan Ternyata Pengguna iPhone

Inews, Jurnalis · Rabu 15 Agustus 2018 07:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 15 320 1936683 serukan-boikot-produk-elektronik-as-erdogan-ternyata-pengguna-iphone-06C3jL1PhE.jpg Foto: AFP

ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyerukan kepada rakyatnya untuk memboikot produk elektronik asal Amerika Serikat (AS), termasuk iPhone.

“Kita akan boikot barang elektronik dari AS. Jika (AS) punya iPhone, masih ada Samsung. Kita (juga) punya Venus dan Vestel,” kata Erdogan dikutip dari AFP, Selasa 14 Agustus 2018.

Seruan tersebut merupakan aksi balas dendam terhadap keputusan Presiden AS, Donald Trump yang menaikkan tarif impor baja dan aluminium dari Turki hingga dua kali lipat. Hal ini membuat hubungan kedua negara anggota NATO itu memanas.

 Unggul Hitung Cepat, Tayyip Erdogan Klaim Raih Kemenangan Pemilu Turki

Namun, Erdogan tampaknya menyukai produk Apple. Dalam beberapa kesempatan, mantan Wali Kota Istanbul itu kerap terlihat menggunakan produk yang dibuat pertama kali oleh Steve Jobs itu, baik iPhone maupun iPad.

Bahkan saat militer Turki melakukan kudeta terhadap pemerintahannya. Erdogan melakukan pidato yang terkenal pada Juli 2016 lewat iPhone. Saat itu, Erdogan mamaki FaceTime, aplikasi khusus iPhone berbicara kepada pendukungnya yang turun ke jalan menentang kudeta yang berujung pada kegagalan itu.

 

Sejumlah komentar di media sosial menyebut, jatuhnya lira terhadap dolar AS membuat harga iPhone semakin tak terjangkau bagi masyarakat Turki, sehingga Erdogan sebetulnya tak perlu susah payah menyerukan boikot terhadap produk Apple.

Namun, Erdogan menyebut, seruan tersebut sebagai bentuk perlawanan terhadap AS yang melancarkan serangan ekonomi terhadap negaranya.

“Bangsa Turki sudah berulang kali menunjukkan bahwa saat kemerdekaan dan masa depan berada di ujung tanduk, mereka bersedia mengorbankan nyawa dan harta bendanya. Kita akan terus bertahan melawan dolar, kurs, inflasi, suku bunga. Saya percaya dengan bangsa saya,” ujar Erdogan.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini