nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waskita Karya Incar Proyek Jalan Tol Aceh-Sigli

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 11 September 2018 18:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 11 320 1949064 waskita-karya-incar-proyek-jalan-tol-aceh-sigli-A9WrOOjrLz.jpg Foto: Waskita Karya incar jalan Tol Aceh-Sigli (Okezone)

JAKARTA - PT Waskita Karya Tbk berkeinginan untuk menjadi salah satu kontraktor dari jalan Tol Trans Sumatera. Tepatnya, jalan tol Sigli-Banda Aceh.

Direktur Operasi I Waskita Karya Didi Oemar Pribadi mengatakan, pihaknya selalu berminat untuk mengerjakan proyek-proyek jalan tol. Termasuk juga Tol Trans Sumatera.

Kementerian PUPR Akan Segera Buka Jalan Tol Depok-Antasari Seksi 1

"Oh iya kalau ada proyek-proyek Tol Trans Sumatera, pasti kita berusaha ikut. Aceh-Sigli (misalnya)," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Selasa (11/9/2018).

Didi mengaku tidak keberatan jika nantinya dalam proses penggarapan akan dibagi menjadi beberapa kontraktor. Sebab, di beberapa pengerjaan jalan tol juga dibagi menjadi beberapa kontraktor.

Lagi pula, lanjut Didi, cara tersebut merupakan cara yang paling cepat dalam mengerjakan jalan tol. Pasalnya, masing-masing kontraktor yang bertugas mengerjakan jalan tol tersebut bisa diseragamkan penyelesainnya.

"Kami mengikuti saja nanti prosedurnya bagaimana. Biasanya per kontraktor mengerjakan bagian per bagian supaya cepat," ucapnya.

Mengenai dana yang dimiliki, Didi mengaku masih memiliki pendanaan yang mencukupi untuk membangun jalan Tol Aceh-Sigli. Pendapatan dari pembangunan jalan Tol Trans Sumatera saja, pihaknya mengantongi uang sebesar Rp12 triliun.

"Kalau kontrak kan perolehan di awal, kalau pendapatan kan revenue. Revenue-nya di Sumatera aja Rp12 triliun," ucapnya.

Kementerian PUPR Akan Segera Buka Jalan Tol Depok-Antasari Seksi 1

Adapun rinciannya yakni Bakauheni-Terbanghi Besar Paket 2 sepanjang 40,1 kilometer (km). Kemudian Terbangi Besar-Pemarang Panggang sepanjang 112 km dan Pematang Panggang Kayu Agung 77 km.

"Proyek yang Palembang aja kemarin sudah mencapai Rp5 triliun, yang Lampung kalau enggak salah Rp3-Rp4 triliun. Kalau dijumlah kan sudah, sampai akhir tahun mencapai target pekerjaan," jelasnya.

Sebagai informasi, Tol Sigli-Banda Aceh rencanannya akan menjadi bagian dari Jalan Tol Bakauheni-Aceh. Jalan tol Sigli-Banda Aceh rencanannya akan memiliki panjang 74 km dan terbagi menjadi enam seksi.

Keenam seksi tersebut yakni Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 13 km, kemudian Blang Bintang-Kutobaru sepanjang 8 km, seksi Kutobaru-Simpang Baitussalam sepanjang 5 km, seksi Padang Tiji-Seulimeum sepanjang 26 km. Lalu ada seksi Sulimeum-Jantho sepanjang 6 km, dan yang terakhir adalah Jantho-Indrapuri sepanjang 16 km.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini