nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mulai Besok, Seluruh Instansi Buka Pendaftaran CPNS 2018

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 28 September 2018 17:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 28 320 1957010 mulai-besok-seluruh-instansi-buka-pendaftaran-cpns-2018-UBr5230cRH.jpg Ilustrasi: Foto Setkab

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan mulai esok hari, Sabtu 29 September 2018 seluruh instansi sudah tersedia di portal SSCN untuk penerimaan CPNS 2018. Artinya para pelamar mulai bisa memilih formasi di 76 Kementerian/Lembaga dan 525 pemerintah daerah.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan, saat ini pihaknya terus mendesak agar seluruh instansi meng-upload persyaratan dan formasinya di portal SSCN, sehingga masyarakat yang ingin memasuki instansi terkait tidak menunggu terlalu lama karena alasan tidak adanya formasi.

"Saya berharap ini atau besok semua on going," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB), Jakarta, Jumat (28/9/2018).

 Baca Juga: Awasi Kecurangan CPNS 2018, Kepolisian Kerahkan Tim Cyber dan Intelijen

Pada kemarin pagi, baru 62% instansi yang sudah meng-upload. Jumlah terus masih akan terus bertambah setiap harinya dan diharapkan bisa seluruh on going pada esok hari.

"Kemarin iya 62% tapi tadi pagi terus bertambah saya enggak hafal datanya," ucapnya.

 

Menurut Bima, saat ini mayoritas yang belum membuka lowongannya adalah pemerintah daerah. Sedangkan instansi pusat hampir semuanya sudah meng-upload di portal SSCN.

Pendaftaran itu bisa dilakukan kalau instansinya sudah selesai memasukan data formasinya, ada yang banyak, ada yang sedikit, yang sedikit mu gkin sudah cepat. Untuk Kementerian Lembaga sudah semua," jelasnya.

 

Ada beberapa alasan mengapa daerah belum meng-upload hingga saat ini. Pertama adalah masih kesulitannya daerah untuk menginput dan meng-upload karena keterbatasan kompetensi dan jaringan.

"Di daerah masih ada yang kesulitan menginput karena perbedaan kemampuan kompetensi mengikuti, belum semua tapi saya berharap kalau tidak hari ini besok sudah selesai," jelasnya.

 Baca Juga: CPNS 2018 Harus Bebas Kecurangan, Kapolri: Wajib Bersih dan Transparan

Sementara itu, ada juga karena daerah tersebut sengja untuk menunggu. Seperti salah satu daerah di Provinsi di Jawa Timur yang serempak pada hari ini.

"Tadi pagi sudah banyak yang masuk karena mereka menunggu. Seperti Jawa Timur, itu Kabupaten/Kota kompak baru tadi pagi tiba-tiba blank banyak. Jawa Timur contohnya, mengumpulkan semua Kabupaten/Kota supaya persyaratan sama, jangan beda-beda dong, sama mereka dapat baru bisa on pagi ini," jelasnya.

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini