nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dilanda Gempa & Tsunami, Seleksi CPNS di Sulteng Terancam Ditunda

Koran SINDO, Jurnalis · Selasa 02 Oktober 2018 09:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 02 320 1958395 dilanda-gempa-tsunami-seleksi-cpns-di-sulteng-terancam-ditunda-slyV0yR6lL.jpg Foto: Bangunan Rusak Akibat Gempa di Sulteng (Taufik/Okezone)

JAKARTA – Penyelenggaraan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) daerah terdampak gempa di Sulawesi Tengah (Sulteng) terancam ditunda karena sarana dan prasarana rusak berat akibat gempa dan terjangan tsunami.

Pada tahun ini pemerintah telah menetapkan formasi seleksi CPNS tahun 2018 sebanyak 238.015. Dari 238.015 formasi, 51.271 diantaranya untuk 76 kementerian/lembaga. Sementara sisanya 186.744 formasi untuk 525 pemerintah daera (pemda).

“Ini sedang didiskusikan kemungkinan perpajangannya (pendaftaran). Bisa ditunda juga karena kantor BKN di Palu rusak berat,” kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana di Jakarta.

 Baca Juga: Pendaftar CPNS Tembus 91.917 Orang

Melihat Lebih Dekat Kondisi Jembatan Terbesar di Palu yang Ambruk

Bima mengatakan jika ditunda maka penerimaan CPNS di daerah terdampak gempa akan dilakukan pada tahun depan. Namun begitu, BKN masih akan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan berbagai pihak.

“Iya. Mungkin itu (ditunda) lebih baik ya. Tapi kita konsultasikan dulu, terutama dengan pemdanya. Kita belum bisa diajak diskusi karena masih sibuk dengan tanggap darurat,” tuturnya.

 

Ditanyakan nasib penyelenggaraan CPNS di Lombok, NTB yang juga terkena gempa, Bima mengatakan untuk saat ini pemda masih bersedia melaksanakan. Namun begitu masih akan memastikannya lagi.

 Baca Juga: Jumlah Pelamar CPNS 2018 Didominasi Lulusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Sementara itu sampai hari ketujuh, 90% instansi sudah membuka pendaftaran di situs sistem seleksi CPNS nasional (SSCN). Tercatat sudah 91.917 orang pelamar yang memilih instansi. Dari jumlah tersebut, maka 25.296 orang di antaranya sudah diverifikasi oleh instansi masing-masing.

Lebih lanjut terkait akses nomor induk kependudukan (NIK) sebagai syarat pembuatan akun pendaftaran CPNS, Dirjen Kepen dudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh memastikan tidak ada permasalahan. Dia pun membantah jika penyebab lamanya akses disitus SSCN karena berkaitan dengan akses NIK. (Dita Angga)

 

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini