nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pidato 'Games Of Thrones' Presiden Jokowi, Ide Siapa?

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 12 Oktober 2018 19:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 12 20 1963335 pidato-games-of-thrones-presiden-jokowi-ide-siapa-ZQkbihB8FJ.jpg Presiden Jokowi (Foto: Heru/Okezone)

NUSA DUA - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan apresiasi oleh para peserta Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018 pada saat berpidato di acara Annual Meetings Plenary (Bussiness Meeting).

Baca Juga: Pidato Presiden Jokowi tentang Game Of Thrones Banjir Standing Ovation

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan pidato 'Game Of Thrones'-nya. Saat itu dia menyatakan kondisi perekonomian global seperti serial televisi Games of Thrones, drama mengisahkan perebutan kekuasaan dengan saling menjatuhkan untuk mendapatkan tahta kerajaan.

Dalam konteks ekonomi global, dikatakan, negara maju tengah berebut kesuksesan tanpa menyadari adanya ancaman global yang datang. Baik menyerang negara berkembang maupun negara maju.

Presiden Jokowi: Kondisi Ekonomi Dunia bak Film Game of Thrones 

Para peserta yang berasal dari 189 negara memberikan standing ovation usai Jokowi berpidato. Bahkan, Managing Director IMF Christine Lagarde dan Presiden World Bank Kim Yong Jim terpesona dengan pidato orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Jadi siapakah pemilik ide dari pidato menarik itu?

Staf Khusus Presiden Johan Budi Saptopribowo menyatakan, ide pembuatan pidato dengan analogi Games Of Thrones berasal dari Jokowi sendiri.

Baca Juga: Presiden Pidato soal Game of Thrones, Pujian Bos World Bank: Kita Tak Bisa seperti Mr Jokowi

"Ini bukan pertama kali Presiden Jokowi tunjukkan gaya milineal, sebelumnya ada pidato mengenai analogi Thanos, sering kali muncul ide-ide dari Pak Jokowi. Jadi itu ada porsi dari Presiden Jokowi yang punya ide kreatif sendiri," kata dia di Bali Collection, Nusa Dua, Jumat (12/10/2018).

Johan menyatakan, ide pidato tersebut pun diterjemahkan oleh penulis pidato Jokowi. Ide yang dimunculkan Jokowi, lanjutnya, memang menganalogikan persaingan ekonomi global dengan sebuah drama.

johan

"Memang Pak Presiden sangat inovatif termasuk pidato yang kita saksikan bersama. Menggambarkan bagaimana dunia menghadapi persaingan global yang dianalogikan cerita Game of Thrones. Winter is coming," jelas dia.

Menurutnya, pesan yang ingin disampaikan lewat pidato tersebut yakni mengingatkan seluruh negara bahwa perang dagang dan persaingan ekonomi untuk menjadi yang terbaik tidak ada gunanya jika dunia menjadi hancur.

"Sehingga harus adanya kekompakan di antara negara-negara di dunia ini untuk bangun peradaban dan perekonomian yang baru." pungkasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini