nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

76% Peserta IMF-World Bank Ingin Datang Lagi ke Indonesia

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Selasa 18 Desember 2018 20:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 18 20 1993097 76-peserta-imf-world-bank-ingin-datang-lagi-ke-indonesia-MxQQlo2EH3.jpg Kegiatan IMF-World Bank 2018

JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyatakan, 76% peserta mancanegara yang hadir di Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018 memiliki keinginan untuk berkunjung kembali ke Indonesia. Hal itu berdasarkan survei yang dilakukan Bappenas bersama Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) FEB UI.

Bambang menyebut, jumlah perserta dari pertemuan internasional yang diselenggarakan di Bali sebanyak 34.761 orang. Terdiri dari 3.641 delegasi yakni sebanyak yak 2.969 dari mancanegara dan 672 dari domestik. Lalu 31.120 dari non delegasi mencakup NGO, investor, media, akdemisi, serta panitia yakni 5.382 dari mancanegara dan 25.738 dari domestik.

Baca Juga: Pertemuan IMF-World Bank 2018 Sumbang 0,01% ke Pertumbuhan Ekonomi

"Jumlah delegasi yang hadir ini merupakan terbanyak sepanjang sejarah Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018 di luar Washington DC," jelas dia di Gedung Bappenas, Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Mantan Menteri Keuangan ini juga menyatakan, dalam survei tercatat lebih dari 50% responden mancanegara mengaku tidak akan ke Indonesia kalau tidak karena pertemuan tahunan ini, atau artinya lebih dari setengah peserta merupakan turis yang pertama kalinya datang ke Indonesia.

"Itu hal yang baik, mungkin kebanyakan dari Afrika, Amerika Latin, Asia Tengah yang memiliki akses sulit ke Indonesia, tapi karena ada acara ini jadi datang dan bsia memperlebar basis wisatawan asing," ungkapnya.

Menurut Bambang, kesuksesan acara ini juga terukur dengan penilaian peserta yang menyatakan puas atau sangat puas pada semua aspek, khususnya soal keramahan. "Seluruh peserta menyatakan puas atau sangat puas terhadap penyelenggaraan IMF- World Bank 2018 pada seluruh aspek, lebih dari 90% peserta menyatakan sangat puas pada aspek keamanan dan keramahan," sebutnya.

Baca Juga: Pertemuan IMF-World Bank Beri Dampak Ekonomi Rp5,5 Triliun

Adapun survei mencatat sebanyak 76% responden menyatakan minatnya kembali berkunjung ke Indonesia, juga 95% responden menyatakan akan merekomedasikan Indonesia sebagai destinasi wisata untuk teman dan kolega di negaranya.

"Paling tidak mereka tahu Indonesia sudah bisa menyelenggarakan megaevent, dilihat dari jumah peserta, jumlah hari dan meetingnya, tidak sembarang negara berani menjadi penyelenggara. Indonesia mencatatkan diri sebagai negara yang patut diperhitungkan sebagai penyelenggara megaevent," pungkasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini