nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MNC Group Ajak Generasi Milenial Jadi Kreator hingga Investor

Taufik Budi, Jurnalis · Selasa 16 Oktober 2018 16:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 16 278 1964789 mnc-group-ajak-generasi-milenial-jadi-kreator-hingga-investor-qjjXUaaEZQ.jpg Foto: MNC Group di Unnes (Taufik Budi/Okezone)

SEMARANG – Ratusan mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) diajak menjadi kreator dengan memanfaatkan teknologi informasi yang berkembang pesat saat ini. Tak hanya untuk mengasah kemampuan, tetapi teknologi informasi juga bisa mendatangkan pundi-pundi materi.

Sedikitnya 550 mahasiswa dari berbagai jurusan mengikuti kegiatan Literasi Zaman Now yang digelar MNC Group. Sejak pagi mereka memenuhi Auditorium Prof Wuryanto di Kampus Unnes, Sekaran, Gunungpati, Semarang, Selasa (16/10/2018).

“Kita tahu bahwa gadget bukan barang mewah lagi. Hampir semua kalangan masyarakat tak asing lagi dengan namanya ponsel pintar. Apalagi, adik-adik mahasiswa ini. Tentu tiada hari tanpa pegang ponsel,” kata News Producer iNews Jawa Tengah Septi Wulandari, di hadapan audiens.

 

Dia mengatakan, masih banyak orang yang sekadar menjadi konsumen perkembangan teknologi. Padahal, gadget yang dipegang sehari-hari tak hanya untuk alat komunikasi tetapi juga bisa menjadi sarana mengembangkan diri.

“Rata-rata ponsel itu ada kameranya yang biasa dipakai untuk selfie-selfie. Di situlah kita bisa berkreasi misalnya dengan membuat video pembelajaran, tutorial, dan sebagainya. Lalu video itu diunggah ke Youtube misalnya. Di situ kita akan mendapat benefit ganda, selain mengajari orang juga mendapat bayaran dari Youtube,” terangnya.

 Baca Juga: MNC Sekuritas Dukung Investival Festival Gaye Syariah 2018

Septi juga membuka wawasan berpikir generasi milenial itu untuk mengembangkan bakat-bakat kewirausahaan maupun kemampuan jurnalistik. Apalagi saat ini banyak bermunculan situs media online, sehingga mereka juga bisa memanfaatkan ponsel pintar untuk mengambil gambar sekaligus menulis berita.

“Ibaratnya sekarang dunia ada di genggaman. Kita ambil gambar foto, video, lalu ngetik berita dan mengirimnya melalui ponsel. Ini sudah banyak dilakukan temen-temen wartawan. Adik-adik mahasiswa pun bisa melakukannya. Termasuk jika ingin jualan pun bisa, karena kini juga banyak situs jual beli online,” bebernya.

 

Kegiatan yang digelar untuk menyambut HUT ke-29 MNC Group 2018 tersebut mendapat sambutan antusias audiens. Selain materi yang disampaikan secara santai, acara juga dipandu oleh Ajeng Purnomo presenter cantik yang biasa membawakan program berita iNews Jateng.

Baca Juga: MNC Sekuritas Dukung Bogor Investment Day 2018

Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution saat memberikan sambutan mengatakan, mahasiswa tidak hanya diajak mengenal dunia jurnalistik tetapi juga cakap di bidang ekonomi. Untuk itu, acara tersebut juga mengundang manajemen MNC Bank dan Bursa Efek Indonesia (BEI) Semarang.

“Masyarakat tahunya MNC itu hanya memiliki media televisi, Koran, radio, dan sebagainya. Tapi kita punya unit usaha cukup banyak, ada properti, bank, dan lainnya. Makanya adik-adik ini juga kita ajak mengenal dunia ekonomi lebih dalam, misalnya tentang saham,” lugas Syafril.

 

Dia membeberkan, kesuksesan Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo saat ini salah satunya juga berkat menjadi pialang saham. “Dulu selepas lulus dari Kanada, Pak Hary Tanoe juga menjadi pialang saham dan sukses,” tandasnya.

Tiga pemateri di bidang Literasi Keuangan yakni Branch Manager MNC BANK Yudi Sumarwan, Branch Operation & Service Manager MNC Bank Fitman Affandi, dan Kepala Kantor Perwakilan BEI Semarang Fanny Rifqi El Fuad. Sementara dari pihak kampus dihadiri staf UPT Humas Unnes Setyo Yuwono.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini