nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

1,7 Juta Pelamar CPNS Lolos ke Seleksi Kompetensi Dasar

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 16 Oktober 2018 16:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 16 320 1964796 1-7-juta-pelamar-cpns-lolos-ke-seleksi-kompetensi-dasar-sjnjwA0DpA.jpg Ilustrasi: Foto Antara

JAKARTA - Pasca-ditutup dini hari tadi, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan jumlah pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 mencapai 3.627.797 orang. Saat ini seluruh instansi sedang melakukan verifikasi terhadap data pelamar yang sudah masuk.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, ada sekitar 1,7 juta yang sudah diverifikasi, dan dinyatakan lolos verifikator. Artinya, sekitar 1,7 juta pelamar ini bisa mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Baca Juga: Atlet Berprestasi di Atas 35 Tahun Bisa Jadi Pegawai BUMN, Bagaimana dengan Bos Djarum?

Sementara itu, 355.733 orang dinyatakan tidak lolos verifikasi. Artinya ada sekitar 20-21% pelamar yang dinyatakan tidak lolos verifikasi ke tahap selanjutnya.

"Dari yang sudah diverifikasi yang memenuhi syarat 1.751.661 sampai detik ini. Yang tidak memenuhi syarat sampai detik ini 255.733 orang. Antara 20%-21% ini general teman-teman tidak lolos," ujarnya dalam acara konfrensi pers di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Rabu (16/10/2018).

Baca Juga: Pendaftaran CNPS Ditutup, Ini Tahapan Seleksi Selanjutnya

Menurut Ridwan, jumlah tersebut masih bisa bertambah seiring terus dilakukan proses verifikasi oleh tim penilai. Namun dirinya optimis jika proses verifikasi bisa berjalan cepat dan pengumuman seleksi administrasi bisa berjalan sesuai jadwal.

"Tapi ada 1,2 jutaan yang belum diverifikasi. Nah kami membutuhkan ini segera," ucapnya.

Baca Juga: BKN: Total Pelamar CPNS Tahun Ini 3,6 Juta Orang

Meskipun begitu lanjut Ridwan, dirinya enggan memberikan rincian mana saja instansi yang sudah melakukan verifikasi. Sebab menurutnya, hal tersebut akan mendahului dari instansi yang berkaitan.

"Saya tidak bisa memberikan lebih detail karena khawatir mendahului," ucapnya.

Oleh karenanya, dirinya mengimbau kepada seluruh instansi untuk segera melakukan proses verifikasi dengan cepat. Jangan sampai, proses verifikasi akan menganggu jadwal penerimaan CPNS.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini