nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Incar Dana Rp628 Miliar, Tower Bersama Terbitkan Obligasi dengan Kupon 8,5%

Koran SINDO, Jurnalis · Jum'at 19 Oktober 2018 10:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 19 278 1966093 incar-dana-rp628-miliar-tower-bersama-terbitkan-obligasi-dengan-kupon-8-5-w61pVvAv1T.jpg Indeks Harga Saham Gabungan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTAPT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) berencana menerbitkan Obligasi Berkelanjutan III Tower Bersama Infrastructure tahap II/2018 senilai Rp628 miliar.

“Total penerbitan obligasi TBIG III tahap II sebesar Rp628 miliar pada tingkat kupon tetap 8,5% untuk tenor 370 hari dan kupon yang dibayarkan setiap kuartal,” kata Direktur Keuangan TBIG Helmy Yusman Santoso di Jakarta.

Baca Juga: Terbitkan Obligasi, Tower Bersama Infrastructure Tawarkan Bunga 8,50%

Menurut dia, obligasi TBIG III tahap II setara kewajiban senior tanpa jaminan khusus dari perseroan. Sementara penggunaan dana dari penawaran ini, setelah dikurangi biaya penerbitan, akan digunakan seluruhnya untuk pembayaran sebagian kewajiban finansial dari entitas anak perseroan, khususnya pinjaman revolving sebesar USD200 juta dari credit facilitiesyang ada.

ihsg

Obligasi TBIG III Tahap II telah memperoleh peringkat AA- dari Fitch Indonesia. Obligasi TBIG III tahap II akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia pada Jumat (19/10),” ujarnya. Sebagai catatan hingga 30 Juni 2018, total pinjaman (debt) perseroan, jika pinjaman dalam mata uang dolar Amerika Serikat yang telah dilindung nilai diukur dengan menggunakan kurs lindung nilainya sebesar Rp19,68 triliun dan total pinjaman senior (gross senior debt) sebesar Rp13,74 triliun.

Baca Juga: Tower Bersama Punya Kuasa di Jajaran Direksi Gihon Telekomunikasi

Dengan saldo kas yang mencapai Rp700 miliar, maka total pinjaman bersih (net debt) menjadi Rp18,98 triliun dan total pinjaman senior bersih (net senior debt) perseroan menjadi Rp13,04 triliun. Jika menggunakan EBITDA kuartal II/2018 yang disetahunkan, maka rasio pinjaman senior bersih terhadap EBITDA adalah 3,6x dan total pinjaman bersih terhadap EBITDA adalah 5,3x.

ihsg

“Kami masih terus memiliki ruang untuk menggunakan pinjaman tambahan berdasarkan covenant yang disyaratkan oleh fasilitas bank dan surat utang kami,” ujarnya. CEO TBIG Hardi Wijaya Liong menambahkan perseroan memiliki struktur utang yang sangat kuat, di mana utang yang sepenuhnya terlindung nilai, jangka panjang, dan masih banyak ketersediaan komitmen yang belum digunakan. “Semua lindung nilai kami tetap efektif pada level kurs rupiah saat ini. Kami menjaga strategi lindung nilai dan berhati-hati,” pungkasnya.

(Heru Febrianto)

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini