nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Atlet Peraih Medali di Asian Games Tetap Bisa Jadi PNS Tahun Ini

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 22 Oktober 2018 13:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 22 320 1967280 atlet-peraih-medali-di-asian-games-tetap-bisa-jadi-pns-tahun-ini-8dzTsqquLH.jpg Ilustrasi: Foto Setkab

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin menyebut atlet berprestasi di Asian Games dan Asian Para Games (APG) tetap bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun ini. Menurutnya, hal itu untuk memenuhi janji pemerintah kepada para atlet yang sudah berjuang.

Seperti diketahui, pemerintah memberikan beberapa bonus kepada para atlet peraih medali di event olahraga Asian Games dan Asian Para Games 2018. Bonus tersebut meliputi hadiah uang tunai dan juga pengangkatan sebagai PNS bagi yang berminat.

"Saya ikutkan (CPNS 2018). Sesuai janji kita kepada atlet harus diikutkan," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian PAN-RB, Jakarta, Senin (22/10/2018).

 Baca Juga: Atlet Berprestasi di Atas 35 Tahun Bisa Jadi Pegawai BUMN, Bagaimana dengan Bos Djarum?

Nantinya lanjut Syafruddin, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan mencatat siapa saja atlet-atlet yang mendapatkan medali. Nantinya setiap jumlah atlet yang berprestasi tersebut akan di data kembali oleh Kemenpora untuk mengetahui siapa saja atlet yang berminat.

"Bukan dikoordinir Kemenpora, datanya di Menpora nanti dengan BKN dan Kemenpan nanti," ucapnya.

Mantan Wakapolri itu menyebut jika saat ini Kemenpora masih terus melakukan pendataan mengenai siapa saja atlet yang berminat menjadi PNS. Setelah itu data tersebut akan diserahkan kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk diverifikasi.

"Oh ini kan masih berkembang dengan Asian para games ada tambahan kan bukan hanya Asian Games. Ada yang olimpiade nanti ada yang juara di Sea games 2017 jadi data data itu masih bertambah lagi . Lagi di validasi belum baku itu datanya. Karena Asian para games baru selesai kemaren jadi masih di validasi," jelasnya.

Baca Juga: Peserta CPNS Akan Diarahkan ke Sekolah Terdekat untuk Tes Sistem CAT

Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebut tidak semua atlet berprestasi bisa menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Salah satunya adalah para peraih medali di Asian Games dan Para Games 2018.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaiam Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, dalam Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga (Permenpora) nomor 6 tahun 2018 ada beberapa persyaratan yang membuat atlet tersebut bisa menjadi seorang PNS. Alasan pertama adalah syarat prestasi maksudnya adalah, disini ada syarat minimal medali yang harus diraih oleh sang atlet.

Selain itu, ada juga minimal syarat turnamen yang harus diikuti oleh sang atlet. Para atlet minimal harus meraih medali perak di Olimpiade dan Paralimpik di 2014 dan 2016, kemudian juga perak Asian Games 2014 atau kejuaraan Dunia 2016.

Kemudian atlet juga harus memiliki prestasi dan menggondol emas di Sea Games dan ASEAN Para Games di 2015 dan 2017. Jika di luar itu artinya atlet yang meraih medali emas di Asian Games dan Asian Para Games di 2018 belum tentu bisa menjadi PNS.

 Baca Juga: BKN: Total Pelamar CPNS Tahun Ini 3,6 Juta Orang

Sebagai contohnya, atlet badminton seperti Jonatan Christie hingga Kevin Sanjaya atau Markus Fernaldi Gideon, masih terbuka peluang untuk mengikuti seleksi CPNS. Sebab, selain menggondol emas di Asian Games keduanya juga sudah lebih dahulu mengharumkan nama Indonesia.

Jojo sendiri sudah menggondol emas pada Sea Games 2017 di Kuala Lumpur. Sementara Kevin Sanjaya sendiri sudah berhasil menggondol medali emas di Sea Games 2015 di Singapura bersama pasangannya MarcusFernaldi Gideon

Begitupun juga dengan atlet wushu seperti Lindswell Kwok. Selain meraih medali emas di Asian Games 2018, Lindswel Kwok juga telah memberikan prestasi di kejuaraan dunia Wushu pada 2009,2015 dan 2017, selain itu pada Asian Games di 2014 juga Lindswel berhasil membawa medali perak.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini