nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Mulyani Minta Kemenhub Jeli Manfaatkan Aset

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 22 Oktober 2018 15:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 22 320 1967343 sri-mulyani-minta-kemenhub-jeli-manfaatkan-aset-Z15LdOJNbx.jpg Foto: Giri Hartomo

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk memanfaatkan asetnya. Tujuannya adalah untuk menghasilkan return sehingga berkontribusi terhadap perekonomian negara.

Apalagi menurut Sri Mulyani, Kemenhub memiliki banyak sekali aset yang bisa dimanfaatkan. Apalagi aset-aset tersebut berpotensi mengahasilkan keuntungan besar jika dimanfaatkan secara maksimal.

"Kemenhub punya banyak sekali aset. Apakah aset ini sendiri bisa memberikan sesuatu hal yang positif," ujarnya dalam acara forum leadership di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (22/10/2018).

 Baca Juga: Nilai Barang Milik Negara Melesat Jadi Rp5.728 Triliun

Menurut Sri Mulyani, di negara-negara maju pemerintahannya mulai memanfaatkan asetnya agar bisa memiliki return yang baik. Oleh karenanya, banyak pemerintahan di negara-negara maju cara kerjanya relatif lebih santai.

"Saya selalu bilang kepada Kementerian Keuangan kalah di negara maju karena semua hal bekerja untuk memberikan value yang lebih besar. Salah satunya adalah aset mereka. Mereka bisa senang senang rekreasi tapi yang terus bekerja adalah asetnya menghasilkan ritern," jelasnya.

Menurut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu, jika aset tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik, maka pemerintah bisa melakukan pekerjaan lain agar bisa berkontribusi bagi negara. Sebab, meskipun dibiarkan namun aset negara tersebut terus menghasilkan keuntungan bagi negara.

"Kalau itu dilakukan ini bisa menentukan kepuasan masyarakat terhadap apa yang aspirasi mereka miliki. Karena saya katakan Indonesia dengan negara yang luas memiliki tugas yang sangat berat," jelasnya.

 Baca Juga: Sri Mulyani: Aset Negara Dapat Meningkatkan Pendapatan

Wanita yang kerap disapa Ani itupun sudah melakukannya di Kementeriannya. Menurut Ani, di Kementerian Keuangan dirinya selalu menanyakan mana saja aset yang bisa kembangkan lebih baik lagi dari yang sekarang.

"Saya sekarang sedang meminta DJKN kalau kita punya tanah aset ditanyakan untuk apa. Kalau itu memiliki nilai keekonomian rendah apakah bisa digunakan lebih baik lagi," kata Ani

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini