nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jack Ma dan Festival Belanja Terbesar 11.11

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Minggu 11 November 2018 07:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 10 320 1976028 jack-ma-dan-festival-belanja-terbesar-11-11-hkMWnVr66O.jpg Jack Ma (Foto: Heru/Okezone)

JAKARTA - Perusahaan e-commerce terbesar di China, Alibaba hari ini menggelar acara 11.11 Global Shopping Festival. Ajang pesta diskon gila-gilaan di China atau yang dulu dikenal sebagai Hari Jomblo (Singles Day).

Ajang 11.11 yang digawangi Alibaba Group menjadi salah satu perhelatan belanja paling dinanti di Negeri Tirai Bambu dengan lebih dari 10 juta unit produk yang ditawarkan.

 Baca Juga: Terungkap, Ini Jejak Perjalanan Karier Pendiri Alibaba yang Tak Diketahui Semua Orang

Event ini disebut-sebut sebagai pesaing dari Black Friday di Amerika Serikat (AS). Perayaan hari belanja online terbesar pada 11 November 2018 memang berkaitan erat dengan diskon dan potongan harga belanja secara khusus di gerai online atau e-commerce.

Di Indonesia sendiri, beberapa e-commerce juga sudah mempromosikan event 11.11 ini. 11.11 ini merupakan bagian dari Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), selain juga pada tanggal 12 Desember, 12.12.

Sebagai catatan, pada 2017 lalu, Alibaba menembus rekor penjualan pada Hari Jomlo dengan meraup transaksi fantastis, yaitu USD25 miliar atau lebih dari Rp300 triliun dalam tempo 24 jam saja.

Baca Juga: 5 Produk RI Dijual di Toko Jack Ma

Program ini berstrategi untuk menggabungkan e-commerce seperti Tmall dan Taobao dengan physical store, logistik, food delivery, selama dua tahun terakhir, sebagai pengembangan transformasi digital untuk meningkatkan inovasi bagi merchants dan customer di masa yang akan datang, hal ini disampaikan oleh CEO Alibaba Daniel Zhang di salah satu event di Beijing, Tiongkok.

Untuk pertama kalinya, Lazada, E-commerce yang berasal dari Singapura ini, berpartisipasi dalam event Singles Day, untuk menggarap customer yang berasal dari Asia Tenggara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Singapura.

 Baca Juga: 6 Fakta soal Kedatangan Jack Ma, Investasi hingga Dirikan Institute

Begitu pula, Ele.me, food delivery platform yang diciptakan oleh Alibaba ini, juga memperluas pelayanannya dengan Starbucks di 11 kota di Tiongkok seperti Beijing dan Shanghai.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini