Share

Passing Grade CPNS 2018 Rendah, Menpan RB: Tidak Ada Tes Ulang

Giri Hartomo, Okezone · Selasa 13 November 2018 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 13 320 1977432 passing-grade-cpns-2018-rendah-menpan-rb-tidak-ada-tes-ulang-PDzXlqXlQ5.jpeg Menpan-RB Komjen Syafruddin (Foto: Giri/Okezone)

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Syafruddin memastikan tidak akan tes ulang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Meskipun tingkat kelulusan CPNS 2018 masih sangat rendah.

Berdasarkan data dari Kementerian PanRB, sudah ada 60% data yang masuk dan sudah mengikuti seleksi CPNS 2018. Dari 60% data yang sudah masuk, angka kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2018 hanya di bawah 10% saja.

"Tahun ini enggak akan ada tes lagi. Jadi ini belum selesai ini kita sikapi sambil jalan sambil kita polos supaya jangan teriak orang. Negara ini teriak kalau enggak memenuhi," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Baca Juga: Angka Kelulusan CPNS 2018 Rendah, Solusi Menpan RB: Semua Opsi Akan Dilakukan

Syafruddin mengatakan, dengan adanya penurunan passing grade tersebut diharapkan bisa memenuhi syarat seleksi selanjutnya yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Sebab untuk bisa melanjutkan hingga SKB, dibutuhkan 3 kali formasi yang disediakan oleh instansi.

"Tapi saya enggak bisa bilang keputusannya begini ya. Tapi intinya untuk memenuhi target bisa teratasi walaupun enggak sampai 100% paling 80% karena ini enggak bisa berhenti karena ini harus berjalan," ujarnya.

pns

Menurut Syafruddin, langkah ini harus segera dilakukan agar proses seleksi CPNS 2018 bisa berjalan tepat waktu. Sehingga tidak ada kekosongan pada posisi dan jabatan tertentu agar proses pelayanan kepada masyarakat tidak tersendat.

"Memang ada riisko tapi harus dipertemukan karena kalau bertahan di passing grade nggak ketemu kalau semua ada pensiun semua kan," ucapnya.

Baca Juga: Angka Kelulusan CPNS Hanya 8,5%, Kemenkeu Kirim Surat Cinta ke Kemenpan RB

Syafruddin menambahkan, jikalau pun nantinya passing grade jadi diturunkan dirinya memastikan tidak akan merugikan para peserta yang sudah lulus passing grade sejak awal. Sebab menurutnya, mereka yang lulus lewat passing grade harus tetap diberikan penghargaan.

"Jadi ada protect lah, perlu dikasih reward karena mereka orang-orang yang lulus," ucapnya.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini