nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diapit Dua Gunung, Begini Penampakan Tol Bocimi

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 01 Desember 2018 12:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 01 320 1985451 diapit-dua-gunung-begini-penampakan-tol-bocimi-MlFotuaoEc.jpg Tol Ciawi-Cigombong (Foto: Giri/Okezone)

JAKARTA - Ruas Tol Ciawi-Cigombong merupakan bagian dari Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi yang pada siang ini akan diresmikan. Ruas tol dengan panjang 15,4 kilometer (km) diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Okezone berkesempatan mencoba dan melihat langsung ruas tol yang memakan biaya investasi hingga Rp7,7 triliun tersebut. Dari pantauan di lapangan, Sabtu (1/12/2018), ruas tol ini memiliki pemandangan yang cukup indah.

Bagaimana tidak, tol yang semestinya dibangun pada 2017, diapit oleh dua gunung, yakni Gunung Salak dan Gunung Gede. Untuk hari ini, hanya Gunung Salak saja yang terlihat sedangkan Gunung Gede tertutup oleh kabut dikarenakan cuaca mendung.

Keindahan sisi jalan pun tak hanya itu, di sepanjang perjalanan menuju lokasi peresmian pun, disuguhkan pemandangan yang tak kalah indah seperti hamparan sawah nan hijau, saluran irigasi dengan air yang menyejukan, hingga perumahan warga yang tertata rapih khas pedesaan menambah nilai plus dari ruas tol yang sempat mangkrak.

Baca Juga: Sudah 100%, Tol Ciawi-Sukabumi Siap Digunakan

Di sisi lain, udara yang ada di ruas tol ini juga cukup sejuk khas. Ditambah lagi, di sekitaran ruas tol juga terdapat pohon-pohon hijau yang membuat udara dan suasana hati menjadi nyaman saat melalui jalan tol ini.

Ruas Ciawi-Cigombong diprediksi akan semakin indah karena di samping Gerbang Tol Cigombong I, akan dibangun sebuah tempat wisata baru, yakni Lego Land.

Saat melihat secara langsung lokasi dibangunnya Lego Land , masih dalam pembebasan tanah. Belum ada pembangunan fisik yang dilakukan meskipun sudah terlihat beberapa truk dan alat berat yang ada di sana.

Baca Juga: Dibangun Sejak 1997, Akhirnya Tol Bocimi Siap Diresmikan Presiden Jokowi

Sebagai informasi, Tol Bocimi sendiri terbagi ke dalam empat seksi. Seksi pertama adalah Ciawi-Cigombong dengan panjang 15,4 km. Khusus ruas tol yang akan diresmikan ini, konsesinya dipegang oleh anak usaha PT Waskita Karya (Persero). Adapun total nilai investasinya adalah mencapai Rp7,7 triliun.

Kemudian Seksi 2 Cigombong–Cibadak sepanjang 11,98 kilometer, Seksi 3 Cibadak–Sukabumi Barat sepanjang 13,7 kilometer. Dan terakhir adalah Seksi 4 Sukabumi Barat–Sukabumi Timur sepanjang 13,05 kilometer.

Berdasarkan data monitoring Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Seksi 3 dan 4 ruas tol yang diambil alih PT Waskita Toll Road pada 2015 lalu itu masih menunjukkan angka 0% baik untuk pembebasan lahan maupun konstruksi. Sementara untuk pembebasan lahan Seksi 2 baru mencapai 20,63% dan 0% untuk pekerjaan konstruksi.

Pembangunan tol ini sedianya dimulai pada 1997. Namun karena proses pembebasan lahannya yang sulit, akhirnya pembangunan pun mangkrak. Tak hanya itu, kepemilikan saham PT Trans Jabar Tol, selaku pengelola jalan tol ini, juga sempat berpindah-pindah tangan. Mulai dari Konsorsoum Bukaka Teknik Utama, Bakrie Group, hingga hingga akhirnya dikuasai Waskita Karya.

Namun karena tak kunjung menunjukkan perkembangan signifikan. Presiden Joko Widodo pada 2015 lalu akhirnya memerintahkan PT Waskita Karya (Persero) Tbk, melalui anak usahanya, Waskita Toll Road, mengambil alih proyek ini.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini