nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lokasi Rumah di Pinggiran Jakarta Jadi Favorit

Rikhza Hasan, Jurnalis · Kamis 06 Desember 2018 15:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 06 470 1987643 lokasi-rumah-di-pinggiran-jakarta-jadi-favorit-K6CYpwjjtO.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Kepemilikan rumah di Indonesia terbilang cukup tinggi. Head of Marketing Rumah.com Ike Hamdan mengatakan bahwa, masyarakat cenderung memilih lokasi rumah di daerah pinggiran kota ibu kota Jakarta.

“Permintaan lokasi rumah di Jakarta relatif stagnan, sedangkan daerah dengan permintaan lokasi rumah yang cenderung positif berada di Jawa Barat dan Yogyakarta,” ujar Ike di Jakarta, Kamis (6/12/2018).

 Baca Juga: Beli Rumah, Harga di Bawah Rp750 Juta Jadi Incaran

Dia menilai, hal tersebut terjadi karena faktor ketersediaan lahan serta kenyamanan para calon pembeli properti.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Rumah.com, menunjukkan bahwa dari 1000 responden, sebanyak 65% responden telah memiliki rumah dan 29% dari mereka telah memiliki rumah lebih dari satu.

 Baca Juga: Ngeri, Harga Rumah di 6 Kota Ini Tak Terkendali

Dia mengatakan, masyarakat khususnya tingkat menengah lebih tertarik dengan rumah yang berukuran 36 hingga 70 meter persegi. Sedangkan dari sisi harga, masyarakat Indonesia menginginkan harga rumah dibawah Rp500 juta.

“Lebih dari dua per tiga masyarakat Indonesia menginginkan harga di bawah Rp700 juta,” jelas Ike.

Para calon pembeli properti merasa kurang puas atas kebijakan Pemerintah terkait kepemilikan tempat tinggal. Masyarakat menginginkan adanya penyederhanaan proses KPR serta NJOP yang dinilai masih terlalu menjadi beban.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini