nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minggu Pertama Desember Inflasi 0,3%, BI: Gara-Gara Harga Telur

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 07 Desember 2018 14:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 07 20 1988106 minggu-pertama-desember-inflasi-0-3-bi-gara-gara-harga-telur-oHv35FFLAA.jpg Bank Indonesia (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat hingga minggu pertama Desember 2018 terjadi inflasi sebesar 0,3% month to month (mtm). Hal tersebut berdasarkan Survei Pemantauan Harga (SPH) yang dilakukan Bank Sentral.

"Untuk Minggu pertama Desember 2018, inflasi 0,3% mtm. Di mana Minggu pertama kita akan lakukan survei terus sampai Minggu ke empat, kalau memang bisa bertahan di 0,3 sampai akhir tahun. Maka year to date (ytd) inflasi, 2,81% atau secara year on year (yoy)," ujar Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara di Jakarta, Jumat (7/11/2018).

Baca Juga: Kenaikan Harga Beras Picu Inflasi 0,27% di November 2018

Dari survei Bank Indonesia, lanjut dia, yang mengalami kenaikan pada Minggu pertama itu, telur ayam ras 8,5%, bawang merah 6,6%, wortel 11,6, kacang panjang 7,1%. Dan yang agak turun, ikan-ikanan, ikan kembung 0,54% ikan basa 0,32%.

"Jadi ya kita Bank Indonesia, pemerintah pusat dan pemda berusaha supaya inflasi terjaga dengan baik sampai akhir tahun," ujarnya.

Pasokan Berkurang, Harga Telur Ayam di Aceh Naik Sepekan Terakhir

Dia menuturkan, apabila inflasi bisa dijaga di 0,3%, maka pemerintah akan memiliki inflasi di bawah 3% sampai akhir tahun. "Berarti kita bagus sekali bisa menjaga inflasi di bawah 3% tahun ini," ungkapnya.

Baca Juga: Harga Daging Ayam Naik Sumbang Inflasi di November

Dia menambahkan, bahwa mendekati akhir tahun, apalagi, bagi non muslim yang akan merayakan Natal biasanya memang belanja lebih banyak, aktivitas ekonomi juga lebih banyak.

"Memang kita perlu menjaga inflasi barang-barang makanan, supaya inflasi bisa rendah. Jadi kalau inflasi bisa terjaga faktor yang mempengaruhi suku bunga kita bisa kendalikan," pungkasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini