3 Tips Jadikan Startup Anda Bernilai Miliaran Dolar AS

Mulyani, Jurnalis · Selasa 18 Desember 2018 06:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 17 320 1992350 3-tips-jadikan-startup-anda-bernilai-miliaran-dolar-as-huY1HO8Xmc.jpg Klook (Foto: CNBC)

JAKARTA – Membangun bisnis bukanlah hal yang mudah, apalagi harus menyesuaikan usahanya dengan kebutuhan global. Meski begitu, bukan semua tersebut mustahil terwujud, sebab tujuan paling tinggi sekalipun pasti bisa tercapai.

Seperti yang dilakukan Erick Gnock Fah, pendiri aplikasi pemesanan perjalanan yang diberi nama Klook. Gnock Fah keluar dari pekerjaannya sebagai pegawai finance pada 2014 untuk meluncurkan aplikasi tersebut.

“Saya ingin memulai sesuatu yang bisa saya kaitkan dan itu relevan secara global,” katanya.

Baca Juga: Raup Untung Besar Jadi Youtuber

Empat tahun berlalu, platform Klook telah dikunjungi oleh lebih dari 20 juta orang di 100 negara setiap bulannya, dan merupakan salah satu dari sedikit perusahaan baru yang mencapai status "unicorn" senilai USD1 miliar di Hong Kong.

Meskipun perjalanan itu tidak mudah, Gnock Fah mengatakan, telah membuat keputusan yang benar untuk meninggalkan pekerjaannya dan membangun bisnis hingga menjadi seperti saat ini.

Berikut ini tips untuk membangun bisnis global yang dilansir dari CNBC, Selasa (18/12/2018):

1. Hindari Berpikir Terlalu Jauh

Menurut Gnock Fah, ada garis tipis antara ide orisinal dan ide yang tidak jelas untuk menangkap konsumen. Jika ingin suatu bisnis berkembang dalam skala internasional, pastikan memiliki daya tarik global.

"Kami telah menemukan itu beberapa kali," katanya, yang awalnya ingin bisnisnya hanya fokus pada satu pasar di Cina.

Namun, dia menyadari bahwa untuk menang besar, harus memastikan strateginya memiliki relevansi global. “Anda harus menemukan sesuatu yang benar-benar dapat direplikasi jika ingin membangun platform yang lebih besar.”

Baca Juga: Tips Mulai Berkarier dari CEO Sunpride

Itu berarti tidak termasuk panduan tur atau perjalanan satu orang yang lebih kecil dari platform, yang katanya lebih cocok untuk platform yang rumit. "Tentu saja ada bisnis lain di mana kita bisa pergi ke tempat yang sangat unik, tetapi anda akan mengemudi dalam batas yang lebih tinggi," kata Gnock Fah.

2. Ciptakan Budaya Perusahaan

Seiring pertumbuhan bisnis, setiap orang akan tergoda untuk fokus pada pencapaian besar. Tetapi untuk mencapai hal tersebut, penting untuk memastikan hal-hal mengenai budaya perusahaan.

Itu termasuk memperkenalkan struktur yang tepat, seperti departemen Sumber Daya Manusia (SDM) dan hukum, dan berkonsentrasi untuk menciptakan budaya perusahaan yang baik. Tanpa itu, akan menjadi semakin sulit untuk membuat staf memahami visi perusahaan dan mendorong bisnis ke depan.

"Ketika segala sesuatunya tumbuh terlalu cepat, sangat penting untuk memikirkan struktur dan memberdayakan bisnis secara internal, daripada mencoba mencari pertumbuhan dari luar," ujar Gnock Fah.

“Itu adalah sesuatu yang kami sadari pada awal tahun ini ketika kami berpikir 'oh, kami tidak memiliki SDM, kami tidak memiliki tim hukum.' Semua hal ini kami terima ketika kami berada di perusahaan besar, tapi itu adalah sesuatu yang sebenarnya sangat penting dan menggerakkan bisnis,” kata pria berusia 31 tahun itu.

3. Ketahui investor Anda

Dalam memulai bisnis, apakah memilih untuk memulai dengan sedikit uang atau memulai dengan banyak uang, akan tiba saatnya perlu mencari modal eksternal.

Investor akan mencari alasan bagus untuk mengivestasikan uang mereka, jadi memang harus berusaha keras. Itu berarti tidak hanya menjual ide, tetapi juga membuktikan bahwa anda adalah orang yang tepat untuk melaksanakannya.

Untuk Gnock Fah, itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Berasal dari industri keuangan, investor mengira dia lebih dari seorang penjual daripada seorang pengusaha.

"Saya masih ingat ada sejumlah investor yang begitu mereka tahu kami berasal dari pegawai keuangan, mereka kehilangan minat untuk berinvestasi," katanya.

“Mereka mengira orang-orang dari keuangan tidak paham tentang memasang buku-pitch yang bagus, menjadi tenaga penjual yang sangat baik, dan sangat tidak berpengalaman dalam menjalankan bisnis. Jadi kami memiliki banyak pintu tertutup dari investor,” tambahnya.

Karena itu, penting untuk menemukan nada yang tepat dengan membangun hubungan pertama dengan calon investor, membuktikan kredibilitas, dan menunjukkan apa yang ada di dalamnya untuk mereka.

Sejak diluncurkan empat tahun lalu, Klook telah berhasil mendapatkan USD300 juta dalam pendanaan dari orang-orang seperti Sequoia China, Matrix Partners, dan Goldman Sachs.

"Beberapa orang sekarang berbicara kepada kami dan mengatakan bahwa Klook telah mampu mengumpulkan banyak putaran penggalangan dana yang sukses karena kami berasal dari keuangan," kata Gnock Fah.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini