nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tarif Tol Trans Jawa: Dari Merak ke Pasuruan Cukup Bayar Rp575.000

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 18 Desember 2018 16:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 18 320 1992960 tarif-tol-trans-jawa-dari-merak-ke-pasuruan-cukup-bayar-rp575-000-SWSXXR6fWY.jpg Foto: Dok. Jasa Marga

JAKARTA - Pemerintah akan meresmikan lima ruas tol Trans Jawa sebelum libur Natal dan Tahun Baru. Dengan peresmian lima ruas tol tersebut, artinya masyarakat bisa melalui tol Trans Jawa dari Pelabuhan Merak Banten hingga Pasuruan (Grati) pada libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Mengenai tarifnya, Direktur Operasi II PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur mengatakan khusus kelima jalan tersebut nantinya masih gratis untuk dilalui. Sebab saat ini pihaknya masih menunggu Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengenai penetapan tarif.

Namun jika berdasarkan perhitungannya, jika masyarakat menggunakan tol Trans Jawa dari Jakarta menuju Pasuruan Grati dikenakan tarif sebesar Rp512.000 untuk golongan I.

"Kalau lihat panjang tolnya sampai dengan Pasuruan itu tadi total tarifnya saat lima ruas tol baru belum bertarif total tarifnya Rp512 ribu untuk golongan 1. Itu mulai dari Jakarta-Cikampek sampai dengan Pasuruan," ujarnya dalam acara konferensi pers di Kantor Pusat Jasa Marga, Selasa (18/12/2018).

 Baca Juga: Daftar Tol Gratis saat Libur dan Tahun Baru

Sedangkan jika menggunakan jalan tol dari Pelabuhan Merak hingga Grati, Pasuruan, maka tarif yang dikenakan bisa lebih besar lagi. Berdasarkan perkiraannya, tarif yang harus dibayarkan oleh pengguna jalan untuk rute Pelabuhan Merak hingga Pasuruan (Grati) adalah sebesar Rp575.000 untuk golongan I.

"Kalau ditambah merak tarifnya Rp575 ribu," ucapnya.

Sebagai informasi, Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2019, masyarakat bersiap mendapatkan kado manis dari pemerintah. Pasalnya jelang libur Natal dan Tahun Baru 2019 ada sejumlah tol Trans Jawa yang akan dioperasikan.

Setidaknya ada lima jalan tol yang akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 20 Desember. Adapun rinciannya adalah satu ruas tol milik PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan empat tol ruas tol milik PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

 Baca Juga: Presiden Jokowi Matangkan Rencana Jajal Tol Jakarta-Surabaya

Untuk ruas tol milik Waskita Karya adalah Pemalang-Batang. Kemudian ruas tol milik Jasa Marga adalah Batang-Semarang. Lalu kemudian Salatiga (Boyolali) - Kartasura, Kemudian Wilangan (Nganjuk) - Kertosono dan terakhir adalah Pasuruan-Probolinggo (Grati).

Dengan beroperasinya kelima ruas tol tersebut, masyarakat sudah bisa menggunakan jalan tol Trans Jawa saat mudik Natal dan Tahun Baru. Namun untuk sementara jalan tol yang bisa dilalui hanya sebatas dari Pelabuhan Merak di Banten hingga Pasuruan tepatnya di Gerbang Tol (GT) Grati.

Jika dijumlahkan, jarak dari Pelabuhan Merak Banten hingga Grati Pasuruan adalah sepanjang 901,03 Kilometer. Sedangkan jika dari Pelabuhan Merak hingga Banyuwangi adalah sekitar 1.200 km.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini