nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aturan Taksi Online Berubah Lagi, Uji KIR dan Stiker Tidak Wajib

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 18 Desember 2018 18:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 18 320 1993010 aturan-taksi-online-berubah-lagi-uji-kir-dan-stiker-tidak-wajib-xZGogxvyUI.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hari ini resmi melakukan pergantian regulasi baru terkait Peraturan Menteri (PM) 108 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek atau taksi online.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, pengganti PM 108, sudah ditandatangani oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Dan akan berlaku pada enam bulan ke depan.

Baca Juga: Aturan Baru Taksi Online Ditargetkan Terbit Akhir Desember

"Pengganti PM 108 akan mulai diterapkan atau berlaku pada enam bulan ke depan. Tepatnya pada bulan Mei 2019," ujarnya di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Dia menjelaskan bahwa, pengganti PM 108 ini ada kekhususan. Seperti yang sudah dianulir Mahkamah Agung (MA), tidak bisa masuk kembali pada PM 108. Di mana Kemenhub juga sudah mengeluarkan beberapa pasal norma yang tidak bisa di atur oleh MA.

"Seperti masalah Uji KIR kita tidak saya masukan di PM baru ini dan stiker ini tidak bisa juga. Namun untuk untuk kendaraan perorangan kita akomodir," tuturnya.

Baca Juga: Begini Cara Transportasi Online China Tantang Uber Jepang

Dia menuturkan, ada beberapa pasal yang Kemenhub keluarkan, seperti surat ijin mengemudi (SIM), umum yang domainnya di kepolisian dan tidak diatur oleh Kapolri. "Di mana dalam pasal 22 sudah ada terkait SIM umum tersebut," ungkapnya.

Sebelumnya, aturan tentang transportasi online akhirnya segera diterbitkan oleh Pemerintah. Hal tersebut menyusul sudah ditandatanganinya draft aturan transportasi online oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini