nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Menghilangkan Rasa Kantuk Saat di Kantor

Agregasi Senin 24 Desember 2018 07:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 23 320 1995150 tips-menghilangkan-rasa-kantuk-saat-di-kantor-wfGFCfWd9s.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Bukan hal baru jika seseorang termasuk Anda sering diserang kantuk saat bekerja di kantor. Apalagi masuk jam-jam rawan sekitar pukul 13.00 hingga 15. Pengennya rebahan dan menutup mata saja ya kan?.

Boleh-boleh saja curi-curi waktu buat rebahan atau istirahat sejenak di kantor. Tapi kalau keseringan bisa berabe. Kalau bos tahu tidak kerja dan malah kelihatan ngantuk bahkan sampai ketiduran saat kerja, ya siap-siap saja surat SP melayang.

Dilansir dari halaman CekAja.com berikut beberapa kiat untuk mengatasi kantuk di Kantor:

Mendengarkan musik

Rasa kantuk saat mengerjakan tugas kantor bisa dilawan dengan mendengarkan musik. Anda bisa memilih musik apa saja sekiranya yang bisa mengusir rasa kantuk atau paling tidak bisa membangkitkan semangat Anda.

Ada banyak musik yang bisa Anda mainkan di gawai atau gadjet di kantor untuk mengusir kantuk mulai dari musik rock, metal hingga dangdut atau musik yang bisa menyegarkan diri Anda.

Kalau tidak, Anda bisa juga sejenak buka YouTube dan menonton beberapa video yang bikin mata Anda kembali segar. Bisa video lucu atau juga bisa video horor.

Cuci muka

Cara ini jadi andalan ketika seseorang diterjang kantuk. Dengan mencuci muka terutama air dingin, maka wajah Anda akan kembali segar.

Selain bermanfaat hilangkan rasa kantuk, cuci muka juga ternyata banyak manfaatnya mulai dari mengecilkan pori, melindungi kesehatan wajah, menghindari kerutan hingga menjadikan kulit lebih segar.

Anda bisa melakukan cuci muka baik dengan pembersih wajah atau pun dengan air saja. Yang jelas, upayakan rasa kantuk Anda hilang ketika wajah Anda dibasuh.

Minum kopi

Minum kopi dipercaya bisa meghilangkan rasa kantuk. Sebab, zat dalam kopi yang mengandung kafein bisa menstimulasi sistem metabolisme hingga sistem saraf. Sehingga serigkali rasa kantuk Anda hilang jika meminum kopi.

Nah, biar nggak ngantuk terus-terusan, sebaiknya Anda menyediakan beberapa jenis kopi yang bisa usir rasa kantuk. Atau biasanya pihak kantor juga menyediakan kopi gratis yang bisa Anda seduh dan seruput.

Selain kopi, beberapa jenis minuman lainnya diyakini bisa hilangkan rasa kantuk seperti teh, yoghurt, hingga eskrim.

Ubah posisi duduk dan jalan-jalan sejenak

Anda bisa ubah posisi duduk atau meja hingga terlihat suasana baru yang tidak mendatangkan rasa kantuk. Bersihkan juga meja kantor Anda hingga terlihat segar dan tidak monoton.

Selain itu, Anda juga bisa sejenak jalan-jalan ke halaman kantor dan kembali lagi ketika rasa kantuk Anda hilang. Dengan begitu semangat bekerja Anda akan kembali membara.

Jika Anda menemukan rekan kerja juga sama terserang kantuk. Ada baiknya Anda tinggalkan kerjaan sejenak dan ajak rekan Anda pergi ke halaman kantor untuk berbincang hingga rasa kantuk hilang.

Santap makanan dan minuman segar

Cara ini cukup ampuh mengusir rasa kantuk saat bekerja di kantor. Luangkan waktu sejenak untuk memesan minuman segar seperti jus. Kalau perlu Anda bisa mengkonsumsi minuman energi yang banyak dijual secara kemasan maupun sachet.

Kalau ingin terjaga dan benar-benar melek, Anda bisa makan rujak pedas yang bisa menyegarkan Anda. Hal-hal yang pedas bisa membuat Anda melek dan rasa kantuk Anda hilang sehingga bisa kembali berakrivitas seperti biasa.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini