nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengusaha Berlian Asal India Biayai Pernikahan Lebih dari 3.000 Wanita Yatim

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Jum'at 28 Desember 2018 08:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 28 320 1996958 pengusaha-berlian-asal-india-biayai-pernikahan-lebih-dari-3-000-wanita-yatim-24X25G7SLe.jpg Foto: Muhesh Biayai Pernikahan di India (AFP)

JAKARTA - Setelah ada Mukesh Ambani yang menikahkan putrinya dengan menghabiskan biaya sekira Rp1,5 triliun, kali ini ada kisah menarik lagi di India.

Berbeda dengan Mukesh, pengusaha berlian asal India bernama Mahesh Savani memutuskan untuk membiayai pernikahan massal.

Dalam budaya India, ayah dari mempelai pengantin wanita diharapkan membayar untuk pernikahan putrinya. Jika Ayahnya tidak ada, maka tanggung jawab menjadi tanggung jawab itu jatuh kepada saudara-saudara.

 

Tetapi beberapa wanita yatim piatu atau mereka yang tidak memiliki saudara laki-laki tidak memiliki siapapun untuk membiayai pernikahan mereka. Artinya, bisa saja mereka tidak bisa menikah karena tidak memiliki biaya.

 Baca Juga: Pernikahan Putri Orang Terkaya India Habiskan Rp1,5 Triliun hingga Carter 100 Pesawat

Untuk mengubah nasib wanita-wanita seperti itu, seorang pengusaha berlian Mahesh Savani, telah memutuskan untuk membayar pernikahan massal, karena ia percaya memberikan santunan kepada pengantin wanita adalah berkah dari Tuhan.

Sejauh ini, Mahesh telah menikahkan 3.172 pengantin wanita dan di pernikahan massal terakhir, dirinya membiayai 261 upacara pernikahan. Demikian dikutip Okezone dalam laman metro.co.uk, Jakarta, Jumat (28/12/2018).

Dengan melakukan Kanyadaan, sebuah ritual Hindu di mana ayah mempelai wanita mempersembahkan putrinya ke mempelai laki-laki, mempercayakan kepadanya kesejahteraan masa depannya, Mahesh sudah memberikan ratusan wanita yang tidak lagi mempunyai ayah.

Tetapi pengantin wanita yang penuh harapan tidak harus menjadi Hindu sendiri karena Mahesh memberkati siapa pun dengan Kanyadaan terlepas dari latar belakang agama mereka.

 

Dalam upacara terakhir, enam dari pasangan itu beragama Islam sementara tiga dari mereka beragama Kristen. Dari 261 pengantin wanita, 118 tidak memiliki saudara laki-laki dan perempuan dan 54 wanita lainnya adalah anak yatim.

 Baca Juga: Sumber Duit Mukesh Ambani, Orang Terkaya India Miliki Harta Rp638 Triliun

Mahesh tidak bekerja sendirian dalam pernikahan massal ini, dirinya mendapatkan bantuan dari Menteri Gujarat Vijay Rupani dan beberapa pertugas Layanan Administrasi India serta petugas kepolisian membantu mengatur acara tersebut dan mengaturnya.

Para penerima bantuan tidak hanya mendapat biaya pernikahan gratis, Mahesh dan para penyelenggara juga memberi mereka barang-barang rumah tangga untuk memulai kehidupan baru dan asuransi masing-masing senilai 200.000 rupee. Sebelumnya, Mahesh pernah memberikan hadiah sebesar 500.000 rupee.

 

Seluruh ide untuk melaksanakan upacara pernikahan massal muncul dalam benak Mahesh pada tahun 2008, saat seorang kerabat jauhnya meninggal yang berarti Mahesh harus menjaga dan mengasuhnya putrinya tersebut.

Setelah dia membantunya, dia merasa itu adalah tanggung jawab sosial untuk membantu wanita lain dalam situasi yang sama. Tidak diketahui berapa banyak uang yang dihabiskan Mahesh dalam membiayai pernikahan massal ini tetapi dia tidak terlihat akan berhenti melakukannya waktu dekat.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini