nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pembangunan Infrastruktur Bikin Inflasi Terkendali di Level 3%

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 02 Januari 2019 18:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 02 20 1999124 pembangunan-infrastruktur-bikin-inflasi-terkendali-di-level-3-beJ2O8SAJl.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Inflasi periode Januari hingga Desember 2018 berada di angka 3,13%. Dengan keluarnya angka ini semakin mengokohkan jika pemerintah berhasil mengendalikan inflasi selama lima tahun terakhir di angka 3%.

Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Arif Budimanta mengatakan, ada beberapa hal yang menyebabkan angka inflasi bisa stabil selama lima tahun terakhir. Salah satu faktor utamanya adalah masifnya pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah.

Menurut Arif, pembangunan infrastruktur yang masif terbukti mempercepat mobilitas. Karena selama ini yang menjadi penyebab tingginya harga pangan adalah rendahnya konektivitas antar daerah.

"Pembangunan infrastruktur yang masif terbukti mempercepat mobilitas. Dalam jangka pendek kontribusi pembangunan infrastruktur tersebut sangat jelas dalam menekan laju kenaikan harga," ujarnya di Kantor KEIN, Jakarta, Rabu (2/1/2018).

Baca Juga: Inflasi 3,13%, KEIN: Harga Bahan Makanan Turun 36% Selama 5 Tahun Terakhir

Selain itu lanjut Arif, rendahnya angka inflasi juga tidak terlepas dari komitmen pemerintah yang kuat untuk menjaga keseimbangan antara sisi permintaan dan sisi penawaran. Berbagai cara pun dilakukan oleh pemerintah termasuk dengan membentuk Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).

Tak hanya dibentuk, TPID juga begitu aktif dalam menjaga laju inflasi. Bahkan tercatat di daerah-daerah terpencil yang rawan memiliki inflasi tinggi berhasil ditekan di level rendah berkat adanya TPID.

"TPID terus aktif menjaga lajur inflasiyang rendah dan stabil," ucapnya.

Selanjutnya, inflasi rendah juga tidak terlepas dari kebijakan pemerintah untuk mengatur harga pangan. Bebebrapa kebijakan seperti penerapan Harga Eceran Tertinggi (HET) terbukti ampuh untuk menekan inflasi.

Efeknya pun terbukti ampuh, karena sejumlah bahan pangan mengalami penurunan hingga sepertiga selama lima tahun terkahir.

 Baca Juga: BPS: Inflasi 2018 Sebesar 3,13%

Dari hasil penghitungan Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), rata-rata inflasi bahan makanan dari 2009 hingga 2013 sebesar 8,04%. Sementara itu, dari periode 2014-2018 rata-rata inflasi bahan makanan sebesar 5,17%.

Dari dua tersebut, rata-rata inflasi bahan makanan bisa diturunkan hingga menjadi sepertiganya. Atau jika dirata-ratakan, inflasi bahan makanan lebih dapat dikendalikan menurun hingga 36%.

"Ada harga acuan juga berpengaruh terhadap inflasi," ucapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini