nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perhatikan Hal Ini Sebelum Tentukan Harga Sewa Kos

Sabtu 05 Januari 2019 10:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 04 470 2000026 perhatikan-hal-ini-sebelum-tentukan-harga-sewa-kos-IWuVrl7ekW.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Selain lokasi dan fasilitas, hal lain yang dipertimbangkan mahasiswa saat mencari kos adalah biaya sewanya. Karena itu, penting bagi Anda sebagai tuan rumah untuk memasang harga terbaik agar properti yang disewakan makin banyak dilirik.

Nah, untuk Anda yang baru memulai bisnis properti semacam ini, berikut beberapa hal yang perlu dijadikan acuan sebelum menentukan harga sewa kos untuk mahasiswa seperti dikutip Orento, Jakarta, Sabtu (5/1/2019).

 Baca Juga: Maksimalkan Pendapatan Bisnis Kos-Kosan dengan Cara Ini

1. Fasilitas

Idealnya, makin lengkap fasilitas suatu rumah kos, makin mahal pula harga sewanya. Ini wajar sebab Anda juga akan mengeluarkan lebih banyak biaya dalam perawatannya. Fasilitas kost umumnya meliputi kamar mandi (luar atau dalam), AC, keamanan dan kebersihan, listrik dan air, jaringan internet, dan lain sebagainya.

2. Perhitungan Biaya

Ada 2 macam biaya yang diperlukan dalam bisnis penyewaan kos, yaitu biaya jangka panjang dan biaya jangka pendek. Jika ingin untung dalam bisnis properti semacam ini, keduanya wajib dimasukkan dalam poin pertimbangan.

 Baca Juga: 5 Alasan Pilih Kos-kosan Sebagai Resolusi Bisnis 2019

Biaya jangka panjang umumnya mencakup pembangunan rumah, renovasi, asuransi rumah kost, pembelian alat elektronik (AC, TV, kulkas), fasilitas kamar, dan kebutuhan lain yang bisa dipakai dalam waktu lama. Sebaliknya, biaya jangka pendek mencakup dana yang dikeluarkan secara rutin untuk membiayai operasional kos, seperti tagihan listrik, PDAM, Wi-Fi, gaji satpam, bayar sampah, dan sebagainya.

Nah, agar Anda tak mengalami kerugian, hitunglah kedua komponen pembiayaan tersebut secermat mungkin. Pastikan harga sewa kost lebih besar dari pengeluaran jangka panjang maupun pendek, sehingga tidak terjadi besar pasak daripada tiang.

3. Lokasi

Siapa sangka, lokasi ternyata juga berpengaruh, lho, terhadap mahal murahnya biaya sewa kos mahasiswa. Wajar, sebab harga properti (tanah dan bangunan) cenderung lebih mahal jika tertelak di tempat yang strategis. Jadi, makin dekat suatu kost dengan kampus, makin tinggi pula harga sewanya. Begitu pun sebaliknya.

 Baca Juga: Intip Untung Rugi Sebelum Memulai Bisnis Rumah Kos

4. Survei Pasar

Survei kecil-kecilan sebelum memasang harga sewa adalah hal yang mutlak dilakukan. Sebaiknya jangan mematok harga terlalu rendah atau terlalu tinggi dari harga pasaran. Biaya sewa yang terlalu rendah berpotensi merugikan Anda. Sebaliknya, harga sewa yang tinggi membuat kos Anda tak diminati mahasiswa.

Itulah beberapa pertimbangan penting saat menentukan harga sewa kos untuk pelajar maupun mahasiswa.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini