Sebelum Bisnis Kos-kosan, Tentukan Dulu Target Pasarnya

Hansel Jevera, Jurnalis · Sabtu 07 Maret 2020 21:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 07 470 2179750 sebelum-bisnis-kos-kosan-tentukan-dulu-target-pasarnya-kvwcBGwIdp.jpg Rumah (Reuters)

JAKARTA - Banyak sekali kemungkinan calon konsumen dalam bisnis kos ini. Hal tersebut tergantung dari mana akan memulai bisnis kos kamu.

Memulai di sini maksudnya, apakah kamu memulainya dari hanya memanfaatkan tanah kosong di samping rumah atau sengaja mencari lahan untuk investasi dalam bisnis kos ini.

 Baca juga: 5 Hal Penting agar Bisnis Kos-kosan Tetap Aman di Musim Hujan

Mengutip buku 'Bisnis Kos Laba Joss', Jakarta, Sabtu (7/3/2020), seandainya rumah yang kamu tempati sekarang memiliki lahan kosong atau kamu memiliki kamar yang tidak terpakai, tentu kamu hanya cukup mencocokan saja dengan kemungkinan konsumen yang ada di lingkungan Kamu saat itu.

Dan, beruntunglah kamu yang memiliki tempat tinggal di tempat aktivitas publik seperti kampus, perkantoran, sekolah atau sarana bisnis.

Bagi Kamu yang memiliki keinginan untuk membangun bisnis investasi dengan membuka kos-kosan tentunya harus mencari tempat yang sangat memungkinkan untuk bisnis ini. Anda jangan berpikir tanggung-tanggung selagi dana Anda memungkinkan untuk melakukannya.

 Baca juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Tentukan Harga Sewa Kos

Berikut pilihan target konsumen yang sangat menjanjikan untuk bisnis kos.

1. Mahasiswa dan Pelajar

Kampus atau sekolah memang sangat prospektif dijadikan target bisnis. Terutama bisnis jasa penyedia hunian atau kos. Selain peminat yang banyak, bisnis ini tergolong mudah menjalankannya dan tidak perlu modal banyak kalau hanya memanfaatkan lahan kosong atau kamar kosong yang ada dirumah.

Hampir semua kampus di kota-kota besar memiliki mahasiswa yang datang dari berbagai kota lainnya, yang dengan sendirinya mereka membutuhkan tempat untuk bernaung atau tempat untuk tinggal. Bahkan, tidak sedikit dari mahasiswa atau pelajar yang memiliki akses yang mudah menuju rumah mereka juga memilih hidup “ngekos”. Kemungkinan seperti inilah yang membuat maraknya bisnis jasa kos, dan Anda salah satu seorang pengelolanya.

 Baca juga: Ingin Bisnis Indekos? Cek Dulu Kewajiban Perizinan Ini

2. Karyawan dan Karyawati Pertokoan

Pusat pertokoan merupakan kemungkinan yang juga sangat menjanjikan. Kenapa? Karena, pusat pertokoan akan membutuhkan banyak tenaga kerja atau para pebisnis, dan tentunya tidak semua mereka yang bekerja yang memiliki tempat tinggal yang dekat dengan sarana tersebut. Dan, tentunya hal ini akan sangat besar kemungkinan bagi Anda untuk menyediakan jasa kos.

3. Pekerja Kantor

Tidak jauh berbeda dengan pekerja di pusat pertokoan, pusat perkantoran juga memungkinkan untuk membangun bisnis ini. Karena, pusat perkantoran juga memiliki karyawan yang sangat banyak dan juga tidak semua memiliki tempat tinggal permanen. Dana sangat banyak dari mereka yang memilih untuk hidup ngekos terutama bagi mereka yang belum berkeluarga.

4. Keluarga

Banyak sekali keluarga muda yang memilih hidup mandiri dan sangat banyak di antara mereka yang memilih kos untuk tempat bernaung sementara. Dan, hal ini tentu menjadi peluang bagi Anda yang berminat dalam bisnis ini. Biasanya mereka memilih tempat yang akan membuat mereka merasa nyaman, meskipun hanya sementara.

Faktor-faktor inilah yang harus menjadi sasaran, alternatif dan pertimbangan bagi Anda yang meminat dan akan memulai bisnis kos-kosan dan rumah kontrakan. Karena faktor-faktor tersebutlah yang akan menentukan bisnis Anda dapat berjalan dengan mulus dan sesuai rencana.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini