nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Hal Penting agar Bisnis Kos-kosan Tetap Aman di Musim Hujan

Minggu 03 Maret 2019 19:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 03 470 2025190 5-hal-penting-agar-bisnis-kos-kosan-tetap-aman-di-musim-hujan-asmeiyqt9k.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Hampir semua daerah di Indonesia memiliki curah hujan yang cukup tinggi setiap tahun. Oleh sebab itu, sebagai pengusaha properti yang bergerak di bidang kos-kosan, Anda harus memastikan rumah kos Anda tetap aman dan terhindar dari masalah-masalah yang tidak diinginkan selama musim hujan. Dengan begitu, penyewa akan merasa nyaman dan semakin betah tinggal di kos-kosan Anda.

Nah, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar rumah kost tetap aman dan nyaman selama musim hujan seperti dikutip Orento, Jakarta, Minggu (3/3/2019)

1. Periksa Atap Rumah

Menjelang musim hujan, penting untuk melakukan pemeriksaan secara teliti ke setiap jengkal rumah, khususnya bagian atap. Pastikan tidak ada kerusakan, keretakan, atau lubang yang dapat menyebabkan kebocoran. Jika memang ada kondisi atap yang jelek, sebaiknya segera lakukan perbaikan sebelum musim hujan tiba.

Baca Juga: Maksimalkan Pendapatan Bisnis Kos-Kosan dengan Cara Ini

2. Pastikan Tidak Ada Retakan di Dinding

Selain atap, dinding rumah juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Jangan menyepelekan retakan kecil yang ada di dinding karena hal itu berpotensi menyebabkan air hujan merembes ke dalam rumah. Jika dibiarkan terus menerus, kondisi tersebut juga dapat membuat lumut dan jamur berkembang dengan subur sehingga menyebabkan dinding cepat keropos. Untuk mengatasinya, pastikan seluruh tembok rumah telah dilapisi cat antibocor.

 

3. Cek Saluran Air

Selesai mengecek atap dan tembok rumah, Anda bisa lanjut mengecek saluran air. Pastikan air mengalir dengan lancar dan tidak ada titik yang berpotensi menimbulkan penyumbatan.

Baca Juga: 5 Alasan Pilih Kos-kosan Sebagai Resolusi Bisnis 2019

Jika kondisi saluran air di daerah kost milik Anda kurang memadai atau mengalami penyumbatan, jangan ragu untuk melapor ke ketua RT atau RW setempat agar dilakukan penanganan lebih lanjut. Selain memastikan saluran air bekerja dengan baik, melakukan pembersihan juga penting untuk mencegah munculnya kuman atau bakteri yang banyak berkembang selama musim hujan.

 

4. Periksa Instalasi Listrik

Memeriksa instalasi listrik juga penting dilakukan menjelang musim hujan. Untuk menghindari korsleting listrik atau hal-hal lain yang tidak diinginkan, pastikan semua kabel listrik yang ada di dalam maupun di luar rumah terbungkus rapi dan tidak berpotensi terkena air. Apabila ada kabel yang mengelupas, segera lakukan perbaikan atau ganti dengan kabel yang baru.

5. Apabila Kos-Kosan Memiliki Taman, Pastikan Taman Tertata Rapi

Memiliki lahan hijau di rumah kost memang dapat membuat suasana kost terkesan lebih asri dan sejuk. Namun hati-hati, ketika musim penghujan, area tersebut bisa mengundang mara bahaya karena biasanya menjadi tempat bernaung ular atau hewan-hewan lainnya. Oleh karena itu, pastikan rerumputan dan tanaman yang ada di taman tertata dengan rapi dan tidak berpotensi menjadi tempat tinggal hewan-hewan berbahaya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini